Indonesia Perkuat Kerja Sama Pembiayaan Infrastruktur Tingkat Asean

Indonesia Perkuat Kerja Sama Pembiayaan Infrastruktur Tingkat Asean Foto: Antara/Raisan Al Farisi

Indonesia mendorong kerja sama pembiayaan infrastruktur dan pembiayaan berkelanjutan dalam pertemuan virtual Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Asean (Asean Finance Ministers and Central Bank Governors' Meeting/AFMGM) pada 2 Oktober 2020 lalu. 

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan Indonesia mendorong pengembangan inisiatif kawasan untuk pembangunan infrastruktur, termasuk di antaranya untuk mendukung transformasi ke era teknologi digital.

"Prioritas Indonesia dalam mendorong pembangunan infrastruktur bukan hanya untuk memfasilitasi aktivitas ekonomi selama pandemi, namun juga untuk mengantisipasi pergeseran modalitas proses belajar mengajar melalui platform digital," kata Suahasil di Jakarta, Senin (5/10/2020).

Baca Juga: Mujur Tak Boleh Diraih Malang Tak Boleh Ditolak, 2 BUMN Farmasi Malah Buntung Triliunan

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia juga menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan proses keanggotaan di Financial Action Task Force (FATF) yang sempat tertunda akibat pandemi.

Selain itu, Indonesia, lanjutnya, juga mengapresiasi dan mendukung perkembangan yang telah dicapai oleh Asean Infrastructure Fund (AIF) dengan inisiatif Fasilitas Pembiayaan Hijau Katalitik ASean (Asean Catalytic Green Finance Facility/ACGF).

Komitmen dalam fasilitas ACGF sebesar US$1,5 miliar atau sekitar Rp22,09 triliun tersebut dalam waktu dekat dan akan memulai penyaluran pembiayaan bagi beberapa proyek strategis di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini