Apa Itu Pendapatan Bersih?

Apa Itu Pendapatan Bersih? Foto: Freepik

Pendapatan bersih adalah pendapatan suatu perusahaan yang dikurangi harga pokok penjualan, pengeluaran, depresiasi, amortisasi, bunga, dan pajak. Pendapatan bersih juga disebut sebagai laba bersih. Ini adalah angka yang berguna bagi investor untuk menilai seberapa besar pendapatan melebihi biaya organisasi.

Angka ini muncul di laporan laba rugi perusahaan dan juga merupakan indikator profitabilitas perusahaan. Pendapatan bersih juga mengacu pada pendapatan individu setelah memperhitungkan pajak dan potongan.

Baca Juga: Apa Itu Dana Pensiun?

Setiap perusahaan menggunakan laba bersih untuk menghitung pendapatan per saham mereka. Laba bersih berada di bagian bawah laporan laba rugi. Untuk menghitung laba bersih bisnis, mulailah dengan pendapatan total perusahaan. Dari angka ini, kurangi pengeluaran bisnis dan biaya operasi untuk menghitung pendapatan bisnis sebelum pajak. Kurangi pajak dari jumlah ini untuk menemukan pendapatan bersih.

Pendapatan bersih dihitung sebagai sisa dari semua pendapatan dan keuntungan dari semua pengeluaran dan kerugian untuk periode tersebut, dan juga didefinisikan sebagai kenaikan bersih dalam ekuitas pemegang saham yang dihasilkan dari kegiatan operasional perusahaan. Pendapatan bersih berbeda dengan pendapatan kotor yang hanya mengurangi harga pokok penjualan. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini