Kalau Capres AS Mangkat, Apa yang Bakal Terjadi?

Kalau Capres AS Mangkat, Apa yang Bakal Terjadi? Foto: Reuters/Brian Snyder

Satu bulan sebelum pemungutan suara pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) Presiden Donald Trump terinfeksi virus Corona dan masuk rumah sakit. Apa yang terjadi dalam pemilu bila kondisi Trump kian memburuk?

Jika presiden tidak mampu bekerja, baik karena sakit atau meninggal dunia, maka sesuai dengan Amandemen ke-25 kekuasaan presiden akan pindah ke wakilnya yang saat ini dijabat Mike Pence. Hingga presiden berikutnya dapat menggantikan tugasnya.

 Baca Juga: Kabarnya Donald Trump Kritis!

Namun, apa yang terjadi bila kandidat presiden meninggal sebelum pemungutan suara atau setelahnya? Apa yang terjadi bila kandidat yang menang meninggal sebelum hari pelantikan?

Situasi ini belum pernah terjadi di AS, negara yang masa transisinya butuh waktu hampir dua bulan. Pasalnya pemungutan suara digelar pada November sementara pelantikan baru digelar pada 20 Januari.  

Konstitusi, undang-undang pemilihan umum federal dan negara bagian akan memandu bagaimana bila kandidat presiden meninggal dunia. Tapi karena belum pernah terjadi sebelumnya maka hasilnya pun belum pasti.

House of Representatives yang akan menjadi penentu siapa pemenang pemilihan presiden. Sebelum House mengambil alih ada peran partai politik, parlemen negara bagian, electoral college, pengadilan dan yang terpenting pemilih.

Berikut sejumlah pertanyaan dan jawaban mengenai apa yang terjadi bila kandidat presiden meninggal dunia tepat sebelum atau setelah pemungutan suara.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini