Cara Mengajarkan Pelajaran Sekolah pada Anak: Ciptakan Kegembiraan

Cara Mengajarkan Pelajaran Sekolah pada Anak: Ciptakan Kegembiraan Foto: Unsplash/Shitota Yuri

Belajar di masa pademi ini diharapkan orang tua untuk bersabar jika mengajarkan pelajaran sekolah. Sehingga anak-anak akan merasa gembira. Hal ini diserukan Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi (Kak Seto).

"Kami mengajak para orangtua untuk memastikan anak-anaknya bergembira di tengah pandemi Covid-19," tuturnya.

Dia mengingatkan, sistem pembelajaran daring jangan malah berubah menjadi darah tinggi alias darting, yang mengakibatkan anak menjadi stres di rumah.

Baca Juga: Kak Seto: Selama Pandemi Orang Tua Harus Jadi Sahabat Dekat Sang Anak

"Pokoknya daring jangan jadi darting," ujar Kak Seto dalam acara BNPB bertajuk 'Mengajak Anak-Anak Bergembira saat Pandemi', Minggu (4/10/2020).

Kak Seto menerangkan, selama ini banyak orangtua yang mengeluhkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), karena kurikulum pembelajaran yang dinilai dipaksakan. Dia lantas mengajak para orangtua untuk berkomunikasi dengan pihak sekolah, melalui komite sekolah untuk menyelesaikan persoalan PJJ tersebut.

"Ini belajar di rumah berbeda sama di kelas. Kami sudah minta kurikulum, kurikulum darurat saja atau kurikulum adaptif," jelas dia.

Menurut Kak Seto, orangtua sebaiknya memberikan pembelajaran dengan cara berdiskusi kepada anak, dengan tak melulu menatap layar handphone atau laptop di rumah.

"Pendekatan psikologis harus dilakukan baik itu secara individual yang disesuaikan dengan bakat anak. Mungkin dengan bernyanyi bagi anak yang hobi bernyanyi," imbuhnya.

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini