Acer Ajak Para Guru untuk Berbagi Cerita Mengajar di Era New Normal

Acer Ajak Para Guru untuk Berbagi Cerita Mengajar di Era New Normal Foto: Dok. Acer

Pandemi COVID-19 menjadi tantangan bagi masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Semua aspek kehidupan terkena dampaknya, terlebih dengan berbagai protokol kesehatan yang perlu dilakukan demi mencegah penularan. 

Proses belajar mengajar di sekolah pun menjadi sektor yang terpengaruh. Beruntungnya saat ini teknologi berkembang semakin maju, mampu memberikan solusi untuk berbagai kebutuhan hidup. Salah satu kemajuan teknologi adalah dalam bentuk sekolah online yang diadopsi pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang. Baca Juga: Padahal Terinfeksi Covid-19, Trump Justru Lakukan Tindakan Sembrono Semi Kriminal

Dengan diadakannya sekolah online, dunia pendidikan pun berbenah. Guru-guru dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran secara efektif meski melalui sekolah online. Walau guru harus mengajar dari jarak jauh, namun tak semua murid dan orang tua siap menjalani belajar dengan cara baru tersebut. Kondisi ini memicu banyaknya ide-ide kreatif untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang interaktif, yang dapat dipahami dan diterima tidak hanya oleh murid didik, tetapi orang tua dan juga tentunya para pendidik. Baca Juga: Rest in Peace, Pendiri Brand Mewah Kenzo Wafat Akibat Covid-19

Guraru (Guru Era Baru) merupakan sebuah wadah berbagi para guru agar semakin banyak guru melek teknologi yang dapat memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran yang lebih optimal. Situs yang bisa diakses melalui alamat www.guraru.org ini memiliki kontributor dari latar belakang pendidik, guru, praktisi pendidikan, dan konsultan pendidikan, serta didukung oleh tim komunikasi digital Acer Indonesia.

Saat ini Guraru sedang mengadakan Writing Competition 2020 bertajuk “Berbagi Kisah Mengajar di Era Kebiasaan Baru”. Acer mengajak para guru untuk berbagi cerita unik dan menarik selama mengajar di masa pandemi ini. Ada 2 topik yang bisa dipilih oleh para guru. Topik pertama yaitu berbagi cerita mengenai pengalaman unik guru pada saat proses belajar mengajar sebelum dan selama new normal. Topik kedua adalah bagaimana peran dan fungsi teknologi favorit guru dalam mendukung proses pembelajaran BDR (Belajar Dari Rumah) selama new normal.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/10/2020), melalui kompetisi ini Guraru ingin mengajak semakin banyak guru untuk berbagi cerita unik mereka, yang pada akhirnya dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi guru-guru lainnya di seluruh Indonesia yang mungkin memilki pengalaman dan tantangan unik selama mengajar di era pembelajaran baru seperti saat ini.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini