Indomie hingga KFC, Ini 6 Kerajaan Bisnis Salim Group Sang Penguasa Pasar Makanan Indonesia

Indomie hingga KFC, Ini 6 Kerajaan Bisnis Salim Group Sang Penguasa Pasar Makanan Indonesia Foto: Instagram/indomie

Salim Group merupakan perusahaan konglomerat yang didirikan oleh Sudono Salim. Salim Group adalah perusahaan yang merajai pasar makanan di Indonesia. Sebut saja mie instan Indomie, tepung terigu Bogasari hingga saham ritel makanan cepat saji KFC. Tak heran Salim Group kian bertahan dari dekade demi dekade.

Meski demikian, perusahaan ini sempat mengalami pasang surut. Namun berhasil meroket pada masa Orde Baru. Kira-kira apa saja sih kerajaan Salim Group ini? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Bukan Main! Perusahaan Milik Konglomerat Eddy Sariaatmadja Gelontorkan Ratusan Miliar Buat . . .

1. Bogasari Tepung Terigu 

Bogasari tepung terigu di bawah PT Bogasari Flour Mill saat ini tercatat sebagai perusahaan produsen tepung terigu terbesar di Indonesia. Gandum yang digunakan diimpor dari berbagai negara lantaran Indonesia bukan negara penghasil gandum.

Perusahaan yang resmi berdiri pada tahun 1969 ini awalnya merupakan perusahaan penggilingan gandum. Saat itu, pasokan gandumnya berasal dari Bulog yang diberikan monopoli importir gandum dan distributor tepung terigu. Kini, lokasi pabrik Bogasari berada di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Adapun produk terigu Bogasari yaitu Segitiga Biru, Cakra Kembar dan Kunci Biru. 

2. Indofood

Indofood menjadi perusahaan mie instan raksasa di bawah naungan Salim Group. Seluruh Indonesia pasti mengenal kepamoran mie instan Indomie. Indomie inilah yang diproduksi Indofood sejak tahun 1969.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini