Kisah Orang Terkaya: Zhang Yiming, Miliarder China Pendiri TikTok

Kisah Orang Terkaya: Zhang Yiming, Miliarder China Pendiri TikTok Foto: Time.com

Pendiri TikTok, Zhang Yiming berhasil membuat TikTok menjadi sensasi sejak diluncurkan pada tahun 2016. Berkat TikTok yang menjangkau lebih dari 500 juta pengguna aktif bulanan, kini ia menjadi salah satu orang terkaya dunia berharta USD16,2 miliar (Rp240 triliun). 

Bahkan, miliarder asal China ini telah menjadi orang terkaya ke-9 di China. Zhang memiliki sekitar 24% saham dari perusahaan induk TikTok, ByteDance. 

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Laurene Powell Jobs, Istri Mendiang Steve Jobs

Pria berusia 37 tahun ini lahir pada 1 April 1983. Ia merupakan lulusan Nankai University, Tianjin. Ia mengambil jurusan mikroelektronika sebelum beralih ke rekayasa perangkat lunak, dan lulus pada tahun 2005.

Sebelum mendirikan ByteDance, Zhang pernah menjadi karyawan di Kuxun, sebuah web perjalanan China sebagai insinyur dan direktur teknis.

Pada tahun 2008, Zhang keluar dari Kuxun untuk bekerja di Microsoft dan resign pada tahun 2009 untuk bergabung dengan startup Fanfou, meski akhirnya bangkrut.

Di tahun itu pula Zhang mengambil alih Kuxun yang hendak diakuisisi oleh Expedia. Bersamaan dengan Kuxun, Zhang juga memulai 99fang.com sebagai perusahaan pertamanya.

Pada tahun 2011, Zhang melihat pengguna smartphone turut meningkat. Dia pun menyewa seorang manajer profesional untuk mengambil alih 99fang sebagai CEO. Ia pun keluar dari 99fang untuk memulai ByteDance pada tahun 2012.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini