Sinyal dari Bank Sentral Eropa, Mau Godok Euro Digital Tahun Depan

Sinyal dari Bank Sentral Eropa, Mau Godok Euro Digital Tahun Depan Foto: Reuters/Dado Ruvic

Bank Sentral Eropa (ECB) mulai serius mempertimbangkan dan mempelajari euro digital pada pertengahan 2021, kata bank tersebut dalam sebuah laporan yang dirilis pada 2 Oktober.

Laporan tersebut memeriksa bagaimana euro digital dapat memengaruhi pembayaran ritel dan bagaimana euro dapat melindungi pembayaran di masa depan. Namun, ECB tidak menentukan model apa yang harus diambil dan kapan akan dilakukan jika merancang mata uang digitalnya.

Berdasarkan laporan tersebut, ECB dapat memulai program mata uang virtual pada pertengahan tahun depan, kemungkinan dengan fase investigasi untuk mengembangkan euro digital dan melakukan eksperimen.

Baca Juga: Jika Tak Ada Aral Melintang, Bitcoin di Israel Bebas Pajak Capital Gain

Ditambahkan bahwa sebelum penerbitan dapat dibahas, ECB perlu mempertimbangkan berbagai pandangan pemangku kepentingan.

Laporan tersebut mencatat mata uang digital dapat membawa lebih banyak akses keuangan. Keuntungan euro digital dan perubahan cepat dalam lanskap pembayaran ritel menunjukkan bahwa sistem euro perlu dilengkapi untuk menerbitkan euro digital di masa depan.

Euro digital dinilai dapat mendukung tujuan sistem euro dengan memberi masyarakat akses ke bentuk uang yang aman di dunia digital yang cepat berubah. Ini akan mendukung dorongan Eropa menuju inovasi yang berkelanjutan.

"Ini juga akan berkontribusi pada otonomi strategisnya dengan memberikan alternatif bagi penyedia pembayaran asing untuk pembayaran yang cepat dan efisien di Eropa dan sekitarnya," bunyi laporan tersebut seperti dikutip oleh Cointelegraph, Senin (5/10/2020).

ECB mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh euro digital jika benar-benar akan dibuat. Pertama, harus mengikuti perkembangan teknologi dan tersedia melalui solusi standar front-end yang dapat dioperasikan di seluruh wilayah Europa dan dapat dioperasikan dengan solusi pembayaran pribadi. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini