Lebih dari 1 Miliar Muslim Antre untuk Bisa Lanjutkan Umrah di Kabah

Lebih dari 1 Miliar Muslim Antre untuk Bisa Lanjutkan Umrah di Kabah Foto: Antara/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak Maret 2020, membuat tanah suci umat Muslim, Makkah dan Madinah sunyi dari kegiatan haji dan umrah. Mulai bulan lalu, Arab Saudi mengumumkan membuka kembali pelayanan umrah.

Pada Minggu (4/10/2020), kelompok jemaah umrah pertama kalinya masuk Arab Saudi, sehingga kegiatan di Ka’bah, Masjidil Haram, bergeliat kembali.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Minta ke Arab Saudi Dikasih Jatah Umrah

Seperti dalam foto viral yang beredar di dunia maya, Ramadhan lalu, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tidak ada jemaah salat sunah tarawih yang memenuhi Masjidil Haram, dan ka’bah pun sepi dari kegiatan tawaf.

Hanya segelintir Muslim yang diizinkan berhaji pada bulan Dzulhijjah. Itu pun dengan protokol kesehatan, jaga jarak antarjemaah, dan masjid yang sering didisinfeksi.

Arab News melansir, saat ini lebih dari 1,8 miliar umat Muslim dari seluruh dunia,  masuk ke dalam antrean jemaah yang diperbolehkan memasuki Masjidil Haram.

Jemaah diperbolehkan mendaftar melalui aplikasi Eatmarna yang dikelola oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

Kini, untuk mengakomodasi 6.000 jamaah saja per hari, Kementerian Haji dan Umrah telah menyiapkan lima titik temu, antara lain Al-Gaza, Ajyad, dan Al-Shasha.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini