Rumahnya Digrebek, Pemimpin Tinggi Hamas Langsung Dibekuk Pasukan Israel

Rumahnya Digrebek, Pemimpin Tinggi Hamas Langsung Dibekuk Pasukan Israel Foto: Getty Images/Abbas Momani

Pasukan Israel menggerebek rumah pemimpin senior Hamas Hassan Yousef, 65, di kota Beitonya, Tepi Barat, pada Jumat (2/10/2020) fajar.

Sumber keamanan Palestina menjelaskan bahwa pasukan Israel dalam jumlah besar menyerbu kota itu dan masuk ke rumah Yousef sebelum membawanya ke Penjara Ofer.

Baca Juga: Hamas-Fatah Siap Rekonsiliasi, Alhamdulillah Palestina Langsung Kontak Indonesia

Yousef dibebaskan pada Juli 2020 setelah menghabiskan waktu 15 bulan di sejumlah penjara Israel.

Yousef merupakan anggota parlemen Palestina dan telah menghabiskan total 21 tahun di berbagai penjara Israel. Sebagian besar penahanan itu berdasarkan dalih penahanan administratif.

Petinggi Hamas itu saat ini menderita beberapa penyakit kronis, termasuk hipertensi dan diabetes serta membutuhkan perawatan medis secara rutin.

Berbagai faksi Palestina mengecam penahanan terhadap Yousef. Mereka menganggap penahanan itu tidak memiliki alasan dan hanya dengan dasar penahanan administratif tanpa tuduhan yang jelas. 

“Israel menahan Yousef untuk merusak upaya menyatukan rakyat Palestina untuk melawan Israel dan ancaman Amerika Serikat yang menargetkan rakyat Palestina,” papar Sekretaris Jenderal Komite Eksekutif Fatah Jibril Rajoub.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengecam aksi ilegal Israel yang melakukan penahanan sewenang-wenang tanpa dasar hukum dan dakwaan terhadap ribuan warga Palestina.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini