FSPPB Tuntut Konsistensi Pemerintah untuk Pengembangan EBT

FSPPB Tuntut Konsistensi Pemerintah untuk Pengembangan EBT Foto: Istimewa

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) menegaskan siap mendukung program pemerintah dalam pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagaimana yang menjadi tugas PT Pertamina (Persero) selaku BUMN energi.

Menurut Presiden FSPPB, Arie Gumelar secara teknikal dan infrastruktur, Pertamina mampu melakukan produksi biodiesel yang berkualitas tinggi hingga memasarkannya kepada konsumen. 

"Pada prinsipnya kita siap secara teknikal dan infrastruktur untuk mendukung B30 hingga B100 yang dicanangkan pemerintah," kata Arie pada diskusi Energi Kita yang diselenggarakan oleh Yayasan Ruang Anak Muda secara Virtual, Sabtu (3/10/2020).

Baca Juga: CPP Gundih Kembali Beroperasi, Pertamina EP Asset 4 Siap Penuhi Target Produksi 2020

Baca Juga: Luhut, Menteri Pemberi Perintah, Suruh Bos Bio Farma Segera Produksi PCR-Rapid Test

Pada saat yang sama, Aktivis Energi Muda, Khanif Nasuha meminta konsistensi pemerintah dalam mendorong EBT. Pasalnya Khanif menilai program menggalakkan biodiesel tidak terlepas dari aksi boikot Uni Eropa terhadap CPO nasional.

"Jangan sampai program B30 hingga B100 motifnya hanya untuk menyelamatkan para cukong pengusaha industri kelapa sawit," tutur Khanif.

Menurut Khanif, harusnya pemerintah memilki visi yang jauh ke depan atas EBT. Ia menyatakan, EBT bukan hanya sebagai energi yang ramah lingkungan, namun EBT merupakan sumber energi yang cukup banyak dimiliki oleh Indonesia. 

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini