Pandemi Covid-19 Mengganas, Olahraga Jangan Kendor!

Pandemi Covid-19 Mengganas, Olahraga Jangan Kendor! Foto: Unsplash/Arek Adeoye

Wabah Corona menyebabkan perubahan perilaku pada masyarakat, salah satunya dengan menerapkan social distancing atau menjaga jarak antarsesama manusia.

Saat ini, kita juga harus mentaati protokol kesehatan dengan anjuran "di rumah lebih baik", sehingga hampir semua aktifitas yang biasa dilakukan di luar rumah, jadi harus dilakukan di rumah, seperti bekerja, belajar, dan berolahraga.

Meski 24 jam penuh harus berdiam di rumah, bukan berarti kita tak dapat melakukan aktivitas menyenangkan dan berkreasi, untuk menghilangkan penat tentunya. Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bermanafaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh yaitu berolahraga.

Baca Juga: Tips Jitu Jaga Imun Tangkal Covid-19: Kelola Stres

Hal ini disampaikan oleh dr Arie Sutopo, Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (Ladi) dalam siaran virtual zoom pada Sabtu (3/10/2020) yang menjelaskan pentinganya bergerak dengan berolahraga di masa pandemi Covid-19.

"Meskipun kita sekarang lebih banyak berberaktivitas di rumah namun kita harus tetap bergerak untuk menjaga system kekebalan tubuh. Bergerak dalam hal ini yaitu teratur dengan dosis yang ditentukan misalnya berolahraga dengan intensitas waktu 30 menit seperti loncat loncat, sepedaan, tread mill, jogging," jelas dr Arie.

dr Arie mengungkapkan meskipun dirumah anak harus tetap diajak bergerak dengan cara mengajak melakukan kegiatan atau hobi yang mereka sukai baik di dalam rumah ataupun di luar rumah. Kegiatan berolahraga bisa di dalam (indoor) maupun di luar rumah (outdoor).

"Kegiatan olahraga indoor atau di dalam rumah yang bisa kita lakukan ketika kita punya fasilitas tread mill, berenang di kolam berenang rumah," tuturnya.

dr Arie menambahkan untuk kegiatan olahraga di luar rumah yang bisa kita lakukan yaitu jogging atau lari-lari di lapangan namun kita harus tetap mnerapkan perilaku disiplin 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selanjutnya
Halaman

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini