Tips Jitu Jaga Imun Tangkal Covid-19: Kelola Stres

Tips Jitu Jaga Imun Tangkal Covid-19: Kelola Stres Foto: Unsplash

Untuk melindungi diri dari paparan virus Covid-19, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah pencegahan yang utama. Salah satunya dengan memakai masker, menjaga jarak dari orang lain, hingga rajin mencuci tangan atau yang kita kenal dengan perilaku 3M.

Selain langkah pencegahan utama ini, satu hal lagi yang krusial untuk dilakukan adalah menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar tetap sehat. Penting untuk menjadi catatan bahwa belum ada vaksin untuk mencegah Covid-19. Mengukur imun sehat atau tidak pun tentu sulit dilakukan. Yang terpenting, kita harus menghindari paparan virus tersebut, serta menjaga imun tubuh agar tetap sehat.

Hal ini disampaikan dalam perbincangan virtual yang dipandu Hanina Maulidha dengan tema Beraktivitas dan Berkreasi selama pandemic, yang dihadiri narasumber menginspiratif yaitu dr Arie Sutopo, Wakil Ketua Lembaga Anti-Doping Indonesia (Ladi) dan Maulana Ardianyah, penyanyi yang disiarkan melalui virtual Zoom BNPB, Sabtu (3/10/2020).

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ada Hikmah Pandemi Covid-19 Bagi Musisi Muda Pendatang Baru

dr Arie Sutopo, Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (Ladi) membagikan tips bagaimana menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh agar tak mudah terpapar Covid-19.

"Pertama untuk menjaga imun kita, yaitu dengan istirahat yang cukup, jangan biarkan tubuh terlalu lelah apalagi sampai begadang kemudian besoknya kerja lagi itu tidak bisa , biasakan tubuh kita untuk tidur cukup antara 6-8 jam sehari," jelas dr Arie.

Selain tidur yang cukup, dr Arie menjelaskan ketika kita di rumah akan lebih memudahkan kita untuk mengonsumsi makanan sehat. Untuk menjaga sistem imun yang sehat tentu memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi.

"Tips berikutnya yaitu mengonsumsi makan yang sehat, yang mengandung nutrisi vitamin C, E dan B, karena kandungan vitamin ini dapat melawan Covid," tuturnya.

Selain tips di atas agar menjaga imun tetap sehat yaitu berolahraga harus pintar mengendalikan stres. Ada banyak cara mengendalikan stres, seperti melakukan meditasi, berolahraga ringan, dan menjalankan aktivitas yang positif selama di rumah.

Selanjutnya
Halaman

Ingat, terus terapkan gerakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini