Sutradara saat Bikin Film Joker Terinspirasi dari 5 Karya Ini

Sutradara saat Bikin Film Joker Terinspirasi dari 5 Karya Ini Foto: Warner Bros.

Film Joker yang disutradarai Todd Phillips memenangkan beberapa penghargaan. Rupanya, sang sutradara terinspirasi dari banyak film.

Meskipun tayang pada 2019, ada nuansa-nuansa zaman dulu pada film itu. Lantas, apa saja judul spesifik yang mempengaruhi film tersebut? Berikut daftarnya seperti dilansir di laman Screen Rant, Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Film G30S/PKI Diragukan Kebenarannya

1. The King of Comedy (1982)

Film The King of Comedy mungkin menjadi salah satu pengaruh terbesar film Joker. Film ini diarahkan oleh Martin Scorcese dan dibintangi oleh Robert DeNiro sebagai Rupert Pupkin. Kolaborasi itu menceritakan komedi gelap seperti Joker (dalam beberapa hal), tetapi kemiripan sebenarnya muncul pada plotnya.

The King of Comedy bercerita tentang Rupert yang menculik pembawa acara talk show favoritnya. Rupert bahkan memiliki khayalan menjadi figur publik, membayangkan dirinya menjadi teman baik pembawa acara favoritnya. Sementara Joker kebalikannya, ketika dia menjadi publik figur dan bertemu pembawa acara favoritnya, justru dia menggila.

2. Taxi Driver (1976)

Taxi Driver adalah film garapan Scorcese lainnya. Film ini menceritakan seorang pria bernama Travis Bickle.

Travis melihat dunia dalam gambaran kerusakan versi dia, gambaran penuh kerusakan moral dan memandang dirinya telah melakukan sesuatu yang baik, meskipun dia menjadi kejam dan terlalu ikut campur dalam hal-hal yang seharusnya tidak perlu dia urusi.

Akhirnya, semua dia lakukan hanya untuk dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat. Hampir serupa kan?

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini