Film G30S PKI Prof Sri Margana: Diwajibkan Jangan, Dilarang Juga Gak Boleh

Film G30S PKI Prof Sri Margana: Diwajibkan Jangan, Dilarang Juga Gak Boleh Foto: Hafit Yudi Suprobo

Guru Besar Ilmu Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Sri Margana menilai masyarakat saat ini sudah cerdas menyikapi pro dan kontra dari film G30S/PKI sehingga tidak ada masalah jika diputar kembali.

"Masyarakat saat ini sudah cerdas. Sudah banyak beredar fakta-fakta baru terkait peristiwa G30S/PKI sehingga orang bisa membuat penilaian mana yang benar dan tidak dalam film itu," kata Sri Margana dalam keterangan tertulis yang disampaikan humas UGM di Yogyakarta, Rabu.

Baca Juga: Isu PKI Memanas, Fahri Hamzah Minta Fadli Zon Bongkar Sejarahnya

Margana justru menyarankan kalangan milenial menonton film G30S/PKI karena sama sekali belum pernah melihat film yang kerap dikritik mengandung sejumlah kebohongan dan propaganda ini.

Dengan menonton film tersebut, menurut dia, masyarakat dapat belajar mengapa terdapat pro dan kontra terhadapnya.

"Saya sarankan yang belum pernah nonton supaya menonton sebagai pengetahuan, menambah referensi cara berpikir sebelum bersikap," kata dia.

Margana menilai pemerintah tidak perlu mengeluarkan larangan bagi masyarakat untuk menonton film tersebut. Sebaliknya, pemerintah juga diharapkan tidak menjadikan film itu sebagai tontonan wajib masyarakat.

"Kalau sampai diwajibkan maupun dilarang nonton itu tidak benar," kata dia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini