Sandi Nilai Vaksin Ekonomi Prioritas Utama saat Ini

Sandi Nilai Vaksin Ekonomi Prioritas Utama saat Ini Foto: Boyke P. Siregar

Kandidat vaksin virus corona masih terus dikembangkan. Pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno menilai, ada vaksin yang lebih cepat hadir saat ini, yakni menciptakan wirausaha (entrepreneur).

Sandi sapaan akrabnya mengatakan bahwa dampak pandemi Covid-19 telah meluas tidak hanya sektor kesehatan, tetapi juga ekonomi.

Baca Juga: Petuah Bang Sandi: Resesi Ujian RI Naik Kelas, Makin Terjal Makin Berjuang Mendaki

"Krisis kesehatan sekarang menjadi krisis ekonomi. Dibandingkan krisis sebelumnya ini adalah double krisis. Untuk itu, ada vaksin yang lebih cepat. Kita harus bangkit menyelamatkan ekonomi kita dan memastikan menang melawan pandemi. Kita harus menginjeksi diri kita dengan vaksin-vaksin, yaitu entrepreneur," kata Sandi dalam diskusi pada Selasa (29/9/2020).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pun memprediksi bahwa pandemi Covid-19 tidak akan berlangsung lama. Bahkan kata dia, ekonomi Indonesia diprediksi bisa rebound di kuartal IV 2020.

"Untuk UMKM, mereka harus punya nilai dan orientasi kewirausahaan, antara lain motivasi untuk sukses, mengambil keputusan dengan berani, berani tampil beda, dan proaktif," ujarnya.

Dia mengatakan, banyak pengusaha yang mengeluh dan galau diterpa pandemi. Namun, menurut dia, para pelaku UMKM harus berani tampil beda dan optimis. Ilmu dari pelatihan sudah ada sehingga mereka seharusnya tinggal mengeksekusinya.

"Kunci ke depannya adalah fokus, fokus terhadap apa yang kita kerjakan. Jangan sampai kita tidak ambil peluang karena kesuksesan hanya menghampiri orang-orang yang selalu bergerak," pungkasnya.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini