Banyak Dukungan Telah Diterima Anwar Ibrahim, Siap Jadi Perdana Menteri?

Banyak Dukungan Telah Diterima Anwar Ibrahim, Siap Jadi Perdana Menteri? Foto: Antara/REUTERS/Lim Huey Teng

Menteri Besar Datuk Seri Aminuddin Harun mengatakan Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim memiliki cukup dukungan dari parlemen untuk menjadi perdana menteri Malaysia.

Dia menilai, Anwar tidak akan bersikap gegabah dengan mengeklaim memperoleh dukungan mayoritas parlemen jika belum benar-benar meraihnya.

Baca Juga: Ingin Singkirkan Muhyiddin Yassin, Anwar Ibrahim Hubungi Raja

"Jika Anwar tidak mendapat dukungan, tak mudah baginya untuk membuat pernyataan. Saya yakin dia telah melakukan pekerjaan rumahnya seperti memiliki sejumlah pernyataan undang-undang yang diwajibkan untuk menunjukkan bahwa dia mendapat dukungan dari mayoritas anggota parlemen," kata Aminuddin, dikutip laman the Star pada Selasa (29/9/2020).

Aminuddin mengaku yakin para anggota parlemen, termasuk dari pemerintah yang berkuasa, tulus mendukung Anwar. Pekan lalu Anwar mengklaim  telah memperoleh dukungan kuat mayoritas parlemen untuk membentuk pemerintahan baru.

“Kami memiliki mayoritas yang kuat dan tangguh. Saya tidak berbicara tentang empat, lima, enam (kursi), saya berbicara tentang lebih dari itu," kata Anwar dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (23/9/2020).

Anwar memang tidak memberikan angka spesifik, tapi dia menyebut dukungan terhadapnya mendekati dua pertiga dari 222 anggota parlemen.

Dengan dukungan sebanyak itu, Anwar mengatakan posisi Muhyiddin Yassin sebagai perdana menteri Malaysia saat ini telah jatuh.

"Dengan dukungan yang jelas dan tak terbantahkan serta mayoritas di belakang saya, pemerintahan yang dipimpin oleh Tan Sri Muhyiddin Yassin telah jatuh," ujarnya, dikutip the Star Online.

Sementara itu Muhyiddin mempertanyakan klaim Anwar tentang dukungan mayoritas parlemen.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini