Petuah Bang Sandi: Resesi Ujian RI Naik Kelas, Makin Terjal Makin Berjuang Mendaki

Petuah Bang Sandi: Resesi Ujian RI Naik Kelas, Makin Terjal Makin Berjuang Mendaki Foto: Posthink.Idn

Krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi Covid-19 menjadi ujian, bukan hanya untuk Indonesia saja tapi juga seluruh dunia. Pengusaha kondang Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini bisa diibaratkan seperti mendaki tebing.

"Semakin terjal dan curam, semakin kita berjuang untuk mendaki. Maka pandemi ini adalah ujian kita untuk naik kelas," ujar Sandiaga dalam webinar Membangkitkan Ekonomi Umat di Tengah Pandemi dalam rangka Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYS) Goes To Campus di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Dia menyampaikan, di balik setiap krisis, selalu muncul peluang. Khususnya, dari Covid-19 ini, ada beberapa sektor yang tumbuh kuat, salah satunya adalah sektor pertanian.

Baca Juga: Bang Sandiaga Bawa Kabar Happy, di Kuartal IV Bakal Ada...

"Covid-19 menyadarkan bahwa kita harus kuat mengisi sektor pertanian karena ekonomi kita berbasis kebutuhan. Sektor pertanian ini bisa kita utamakan, menghasilkan peluang-peluang di bisnis pangan, enablernya adalah inovasi," tambah Sandiaga.

Pandemi ini juga menjadi momentum untuk membangun dan meningkatkan literasi teknologi dan digital, serta kesadaran untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

"Ini juga untuk melatih entrepreneurship, yang juga merupakan semangat mengambil risiko dan keputusan yang mungkin tidak populer. Kita harus selalu menjadi individu proaktif, karena yang baik akan selalu menghampiri yang bergerak," tutur Sandiaga.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini