Cara Gunakan Google Search Console, Alat Bantu Ukur Trafik Web

Cara Gunakan Google Search Console, Alat Bantu Ukur Trafik Web Foto: Unsplash/Carlos Muza

Apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness? Atau ingin mempelajari informasi berharga tentang karakteristik konsumen? Jika jawabannya iya, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Anda bisa melakukan hal tadi dengan menggunakan salah satu tool Google bernama Google Search Console.

Tidak diragukan lagi bahwa Google adalah situs web yang paling populer dan paling sering dikunjungi di seluruh dunia. Raksasa mesin pencari tersebut menangani sekitar 79.456 pencarian per detiknya.

Jika ingin mengembangkan bisnis online, Anda harus mencari cara untuk dapat bekerja sama dengan Google supaya bisa meningkatkan optimalisasi mesin telusur (SEO) dan membuat konten yang sesuai dengan pelanggan.

Pada dasarnya, tool Google Search Console memungkinkan Anda untuk dapat meninjau informasi penting yang berkaitan tentang situs web dan perilaku pengunjung situs tersebut. Untuk itu, mari simak penjelasan mengenai cara menggunakan Google Search Console.

Baca Juga: Cara Mudah Menggunakan Google Analytics

Apa Itu Google Search Console?

Google Search Console atau GSC adalah alat bantu (tool) yang membantu pemilik situs web untuk dapat mengukur trafik situs, melihat keyword yang paling populer, memperbaiki masalah pada situs web, dan menerima pesan dari Google tentang situs web mereka.

Tidak seperti Google Analytics, GSC hanya memberikan info tentang trafik yang berasal dari penelusuran web, bukan segmen lain seperti trafik langsung, trafik yang muncul dari iklan atau trafik dari rujukan situs lain.

GSC diluncurkan oleh Google sejak hampir 15 tahun yang lalu ketika secara resmi masih disebut sebagai Google Webmaster Tools. Setelah itu namanya berubah dan fungsinya juga banyak berubah, tetapi tujuannya tetap sama.

Anda tidak dapat menggunakan GSC untuk langsung membuat perubahan pada situs web, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk submit page ke indeks Google untuk melakukan verifikasi URL situs dan untuk memeriksa kesalahan yang terjadi di seluruh properti domain Anda.

GSC adalah alat yang bagus untuk menyusun strategi pemasaran. Data dari GSC dapat membantu bisnis online untuk mendapatkan peringkat terdepan di halaman pencarian, meningkatkan kinerja situs web, dan mempelajari bagaimana tepatnya orang bisa datang ke situs web Anda.

Artinya, GSC adalah sebuah alat bantu atau tool yang bermanfaat bagi bisnis online apa pun, dengan tujuan untuk meningkatkan user experience serta menghasilkan prospek melalui trafik organik.

Anda harus mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan GSC untuk kampanye pemasaran digital sehingga dapat membantu bisnis online Anda untuk berkembang.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini