Gembar-gemborkan PKI, Harta Kekayaan Gatot Menjulang Tinggi, Gak Ada Utang Pula!

Gembar-gemborkan PKI, Harta Kekayaan Gatot Menjulang Tinggi, Gak Ada Utang Pula! Foto: Batara

Nama mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo kembali menjadi sorotan belakangan ini. Bukan cuma karena ikut dalam deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), namun juga ramai dibincangkan mengenai kariernya yang gemilang di militer. Teranyar mencuat kabar bahwa Gatot dicopot dari jabatan Panglima TNI akibat pemutaran film G30SKI.

Dikutip dari berbagai sumber, karier Gatot Nurmantyo selama bertugas di militer terbilang sangat cemerlang. Ia merupakan lulusan Akmil angkatan tahun 1982.

Gatot mengawali karier dengan menjadi pasukan infantri di baret hijau Kostrad. Selama beberapa tahun, Gatot dikirim ke Papua sebagai Komandan Kodim, antara lain Dandim 1707 Merauke, kemudian Dandim 1701 Jayapura. Jabatan teritorial lainnya yakni Komandan Korem Suryakencana dan Panglima Kodam Brawijaya.

Baca Juga: Rocky Gerung Endus Tangan-tangan Istana Menjebak Gatot Nurmantyo

Baca Juga: Cerita Dipecat Gara-gara Nonton PKI Terlalu Didramatisasi, Gatot Disindir Lagi Ngelawak

Karier Gator terus menanjak hingga menjadi Gubernur Akmil tahun 2010. Kemudian beranjak lagi jadi Kepala Staf TNI hingga kemudian menjadi  Panglima TNI di 2015.

Lalu seberapa banyak harta Gatot yang kini sudah purnawirawan jenderal TNI?

Dikutip dari elhkpn.kpk.go.id, Selasa (29/9/2020), tercatat Gatot terakhir kali menyetor Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2018 atau di akhir masa jabatannya sebagai Panglima TNI.

Total harta kekayaan yang dilaporkan Gatot yakni sebesar Rp26.683.257.860. Jumlah tersebut meningkat tajam dari laporan sebelumnya yakni saat Gatot menjabat Gubernur Akmil pada 2010. Saat itu harta Gatot yang dilaporkannya yakni sebesar Rp7,19 miliar. Lalu berselang lima tahun kemudian atau pada tahun 2015 saat menjadi Kepala Staf TNI AD, aset yang dilaporkannya naik menjadi Rp13,9 miliar.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini