Apa Itu Cadangan Wajib Minimum?

Apa Itu Cadangan Wajib Minimum? Foto: Sufri Yuliardi

Cadangan wajib minimum adalah jumlah uang tunai yang harus dimiliki bank di brankas mereka atau di bank sentral terdekat, sesuai dengan simpanan yang dilakukan oleh pelanggan. Persyaratan ini adalah peraturan bank sentral yang menetapkan jumlah minimum yang harus dimiliki oleh setiap bank.

Cadangan wajib minimum pada umumnya ditentukan oleh bank sentral tidak kurang dari persentase tertentu dari jumlah kewajiban deposito yang menjadi hutang bank komersial kepada pelanggannya.

Baca Juga: Apa Itu Cadangan Wajib?

Cadangan bank umum biasanya terdiri dari uang tunai yang dimiliki oleh bank dan disimpan secara fisik di lemari besi bank (vault cash), ditambah jumlah saldo bank umum di rekening bank tersebut di bank sentral.

Rasio cadangan yang disyaratkan juga terkadang digunakan sebagai alat dalam kebijakan moneter, mempengaruhi pinjaman dan suku bunga negara dengan mengubah jumlah dana yang tersedia bagi bank untuk memberikan pinjaman.

Persyaratan cadangan adalah alat lain yang dimiliki bank sentral untuk mengontrol likuiditas dalam sistem keuangan. Dengan mengurangi persyaratan cadangan, bank sentral menjalankan kebijakan moneter ekspansif. Sebaliknya, ketika menaikkan persyaratan, ia menjalankan kebijakan moneter kontraktif. Tindakan ini memotong likuiditas dan menyebabkan ekonomi menjadi dingin.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini