Duh, Kata BPS Masih Banyak Warga Percaya Kebal Corona

Duh, Kata BPS Masih Banyak Warga Percaya Kebal Corona Foto: Boyke P. Siregar

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan masih ada segmen masyarakat percaya tidak akan tertular COVID-19, yakni 17 persen dari 90.967 responden menyatakan sangat tidak mungkin atau tidak mungkin terinfeksi COVID-19.

Hal itu dibandingkan 19,3 persen mengatakan sangat mungkin tertular, 34,3 persen mengatakan cukup mungkin tertular dan 29,4 persen mungkin tertular penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu, menurut survei yang dilakukan BPS pada 7-14 September 2020.

Baca Juga: Ketua KPI Meninggal Akibat Corona

"Kita nampaknya perlu lebih keras lagi meningkatkan atau menggencarkan mengenai pemahaman masyarakat tentang COVID-19. Jadi perlu terus-menerus digalakkan bahwa siapapun bisa terkena risiko, karena COVID-19 tidak mengenal umur, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial," tegas Kepala BPS Suhariyanto dalam acara Satgas Penanganan COVID-19 tentang survei perilaku masyarakat di masa pandemi COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Senin.

Menurut Suhariyanto, persepsi keyakinan tidak akan tertular COVID-19 itu terkait erat dengan tingkat pendidikan seseorang. Semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin meyakini COVID-19 berbahaya dan mudah menular.

Dari yang mengatakan tidak mungkin tertular, 33,69 persen memiliki pendidikan sekolah dasar, 32,58 persen sekolah menengah pertama (SMP), 25,46 persen sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) dan 13,41 persen mengenyam pendidikan diploma atau sarjana.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini