Kecantikan Janda Bolong Buat Harganya Jadi Ratusan Juta

Kecantikan Janda Bolong Buat Harganya Jadi Ratusan Juta Foto: Getty Images/iStockphoto

Tanaman Monstera atau yang kerap disebut Janda Bolong belakangan tengah menjadi tanaman yang populer dikembangbiakkan masyarakat selama pandemi Covid-19. Saking populernya tanaman hias ini, membuat harga jual janda bolong meroket hingga ada yang mencapai Rp250 juta.

Salah satu e-commerce menjual tanaman monstera atau janda bolong jenis adansonii yang dijual mencapai Rp250 juta untuk satu pot tanaman. Harga janda bolong ini meroket lantaran permintaan yang begitu banyak, tetapi tidak diimbangi dengan jumlah budi daya tanaman tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Janda Bolong?

Selain memang dijadikan sebagai tanaman hias, janda bolong ternyata memiliki manfaat lainnya dari sisi kesehatan. Tanaman janda bolong alias monstera ini diketahui dapat memperbaiki kualitas udara yang ada di dalam ruangan.

Lalu jenis monstera apa saja yang memiliki harga selangit? Berikut ini jenis tanaman janda bolong atau monstera yang memiliki harga selangit.

1. Monstera Andasonii

Tanaman Andasonii ini memiliki harga jual hingga Rp250 juta di salah satu e-commerce kenamaan di Tanah Air. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan meruncing serta lubang daun yang tertutup seluruhnya.

2. Monstera Obliqua

Salah satu e-commerce di Tanah Air menjual monstera obliqua ini dengan harga mencapai Rp75 juta. Monstera atau janda bolong obliqua adalah spesies dari genus Monstera yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Bentuk obliqua yang paling terkenal adalah yang berasal dari Peru, sering digambarkan sebagai "lebih banyak bolong dibanding daunnya".

Monstera obliqua sangat langka dan Anda tidak akan menemukannya di toko pembibitan atau toko besar maka tidak heran jika tanaman ini harganya selangit.

3. Monstera Deliciosa

Salah satu e-commerce di Tanah Air membanderol Monstera Deliciosa mencapai Rp17 juta. Monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat dewasa. Monstera deliciosa merupakan jenis tanaman yang jarang berbunga atau menghasilkan buah.

Cara perawatan:

Karena harga janda bolong atau monstera yang saat ini melambung, penting untuk merawatnya dengan tepat. Untuk menyimpan monstera ada baiknya ditaruh di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Siram tanaman ini setiap 1-2 kali seminggu, biarkan tanah mengering sebelum menyiramnya. Untuk menyimpannya di ruangan, sebaiknya simpan di ruangan lembab dengan suhu 18-30 derajat.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini