Kisah Orang Terkaya: Masayoshi Son, Bos SoftBank yang Juga Angel Investor

Kisah Orang Terkaya: Masayoshi Son, Bos SoftBank yang Juga Angel Investor Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Orang terkaya kedua di Jepang, Masayoshi Son yang juga pendiri SoftBank telah lama dikenal sebagai sosok angel investor bagi perusahaan startup atau rintisan di bidang teknologi. Perusahaan yang ia besarkan, SoftBank adalah perusahaan telekomunikasi raksasa di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Masayoshi Son lahir pada 11 Agustus 1957 di Tosu, Saga, Jepang dari keluarga Zainichi Korea generasi kedua. Son telah bekerja keras dan ambisius sejak muda.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Alexey Mordashov, Konglomerat Baja Rusia Berharta Rp286 T

Son menyelesaikan sekolah menengahnya dan mendaftar di Holy Names University. Setelah dua tahun, dia dipindahkan ke Universitas California, Berkeley tempat dia belajar ekonomi dan ilmu komputer.

Selama waktu itu dia menyadari bahwa teknologi komputer akan segera merevolusi dunia bisnis dan dia dapat memperoleh keuntungan dari microchip.

Pada masa inilah pemuda tersebut menjadi tertarik pada kewirausahaan dan sekembalinya ke Jepang mendirikan perusahaan distribusi perangkat lunak bernama Nihon SoftBank. Dalam beberapa tahun, perusahaan yang  ia dirikan naik ke puncak industri komputer baru di Jepang yang mendorongnya untuk mengembangkan bisnisnya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini