Xi Jinping Minta Para Pengusaha China Tunduk dengan Partai Komunis

Xi Jinping Minta Para Pengusaha China Tunduk dengan Partai Komunis Foto: Reuters/Denis Balibouse

Presiden China Xi Jinping telah meminta para pengusaha di negaranya untuk mendukung dan tunduk Partai Komunis secara penuh. Bahkan, mereka juga diminta untuk turut serta dalam dunia politik.

Xi Jinping sendiri telah mengirim pesan tersebut untuk para pengusaha swasta di China. Dikutip dari CNN International di Jakarta, Senin (28/9/2020) isinya adalah: "Anda dapat menghasilkan uang, tetapi hanya jika Anda mengikuti aturan saya".

Baca Juga: Penulis China Anti-Uighur Tetap di Hati Netflix, Serialnya Dilanjutkan

Untuk diketahui, Partai Komunis China tengah berkuasa di Negeri Tirai Bambu. Bahkan pada bulan ini, mereka menerbitkan seperangkat pedoman yang meminta anggotanya untuk mamasang paham ideologi sosialisme kepada para pengusaha swasta.

Menurut mereka, dibutuhkan orang-orang yang bijaksana secara politik di sektor swasta yang akan menuruti dan mendengarkan partai serta mengikuti segala arahan partai.

Pesan bernada ancaman itu muncul di tengah upaya China melanjutkan pemulihan ekonomi dari pandemi virus COVID-19 dan perselisihan dengan Amerika Serikat terkait perdagangan dan masa depan teknologi.

Pemerintah China berpendapat sektor bisnis swasta yang independen dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi. China belum pernah mengambil langkah seperti ini sebelumnya. Di masa lalu, Beijing mengambil pendekatan yang lebih bijaksana terhadap sektor usaha swasta.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini