Ketika Jack Ma Diremehkan Bikin Mesin Pembayaran Digital, Sekarang Valuasinya Capai Rp2.987 T!

Ketika Jack Ma Diremehkan Bikin Mesin Pembayaran Digital, Sekarang Valuasinya Capai Rp2.987 T! Foto: TechCrunch

Pendiri Alibaba, Jack Ma dianggap meluncurkan layanan pembayaran yang tidak jelas untuk meningkatkan kerajaan belanja online 16 tahun lalu, hanya sedikit yang mengharapkannya berhasil. Tetapi sekarang, layanan tersebut menjadi tulang punggung Ant Group, raksasa keuangan yang dapat bernilai lebih dari USD200 miliar (Rp2.987 triliun).

Dilansir dari CNN Business di Jakarta, Senin (28/9/2020) Ant Group dinamai demikian karena keyakinan "kecil itu indah, kecil itu kuat" dan Ant Group sama sekali tidak kecil di China.

Baca Juga: Bye Jack Ma! Juragan Air Ini Jadi Orang Terkaya di China dan Kedua di Asia!

Ant Group telah bersiap untuk penawaran umum yang sangat dinanti di Hong Kong dan Shanghai yang bisa menandai kedua kalinya Jack Ma mencetak rekor IPO terbesar yang pernah ada.

Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia dan platform pembayaran online terbesar di China. Aplikasi ini telah hadir di setiap aspek kehidupan finansial di China, mulai dari akun investasi dan produk tabungan mikro hingga asuransi, skor kredit, dan bahkan profil untuk kencan.

Perjalanan Ant Group berawal ketika Jack Ma tengah mencari jalan agar warga China bisa berbelanja di Alibaba dengan metode pembayaran yang mudah. Kala itu, di tahun 2004 sangat sedikit warga China baik pembeli, maupun penjual di Alibaba yang memiliki kartu debit atau kredit.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini