Jadi Jawara di Sabah, Posisi Muhyiddin Masih Bisa Goyah

Jadi Jawara di Sabah, Posisi Muhyiddin Masih Bisa Goyah Foto: Reuters

Kubu koalisi Perdana Menteri (PM) Malaysia Muhyiddin Yassin di negara bagian Sabah, berhasil memenangkan pemilihan, Sabtu (26/9/2020). Kemenangan ini membawa angin segar bagi Muhyiddin yang ingin ditumbangkan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim.

Koalisi Perikatan Nasional (PN) Muhyiddin dan sekutunya, Gabungan Rakyat Sabah (GRS), memenangkan 38 dari 73 kursi yang diperebutkan. Dengan hasil ini dapat mengambil kendali dari negara bagian yang dikuasai oposisi, koalisi Pakatan Harapan-Anwar Ibrahim, Parti Warisan Sabah (PWS) dengan 32 kursi. Diikuti kandidat independen tiga kursi.

Baca Juga: Indonesia Bersama Malaysia & Thailand Dorong Peningkatan Konsumsi Karet Alam Domestik

Namun, akhirnya tiga kandidat independen memilih berkoalisi dengan GRS.Sekretaris Jenderal Barisan Nasional (BN) Annuar Musa,  mengatakan koalisi akan membahas langkah selanjutnya terkait pembentukan pemerintahan.

"Orang Sabah sudah bersuara, 41 banding 32. GRS akan membentuk pemerintahan Sabah yang baru, insya-Allah," katanya dalam sebuah posting Twitter.

Pemilu ini bagai referendum dalam tujuh bulan masa Muhyiddin berkuasa. Menurut Muhyiddin, kemenangan di Sabah dapat membuka jalan bagi pemilu nasional atau pilihan raya lebih awal.

Yang bertujuan mengakhiri ketidakpastian atas stabilitas aliansi partai berkuasa, yang mayoritas hanya dengan kelebihan dua kursi di parlemen. Dengan komposisi: PN punya 111 kursi. PH 109 kursi.

Pemilu Malaysia harusnya digelar pada 2023, namun rumor yang beredar kencang menyebut pemilu berpotensi dimajukan beberapa bulan ke depan.

“Saya bersyukur kepada Allah SWT atas kemenangan Gabungan Rakyat Sabah dalam Pemilu Negeri Sabah,” ujar Muhyiddin dalam jumpa pers di kediamannya tadi malam, di lansir dari media sosialnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada calon-calon GRS yang menang dalam Pemilu. Inilah waktunya bagi kita semua melakukan bakti yang terbaik untuk rakyat dan membuktikan bahwa kita peduli kepada rakyat,” tegasnya.

Muhyiddin juga mengucapkan terima kasih kepada semua petugas dan sukarelawan yang telah membantu berkampanye untuk calon-calon GRS dalam pemilu ini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini