Panglima Perang Nazi dan Tangan Kanan Hitler Rupanya Seorang Homoseks

Panglima Perang Nazi dan Tangan Kanan Hitler Rupanya Seorang Homoseks Foto: Getty Images/Universal Images Group/Sovfoto

Selain Jenderal Wilhelm Keitel, ada sosok perwira tinggi yang punya nama tak kalah mahsyur. Sosok itu adalah Jenderal Werner von Fritsch, yang pernah menduduki posisi tertinggi sebagai Panglima Angkatan Darat Nazi Jerman (Heer) dan menjadi salah satu orang kepercayaan Adolf Hitler. 

Memulai karier kemiliteran bersama Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jerman pada 1901, Von Fritsch dikenal sebagai sosok yang keras. Dalam data yang diperoleh dari seorang penulis Jerman, Wolfram Wette dalam bukunya "The Wehrmacht" menyebut Von Fritsch sangat kecewa dengan pemerintahan Kekaisaran Jerman sekaligus Republik Weimar.

Baca Juga: Pantas Gampang, Rupanya 3 Jimat Ini Bikin Nazi Mudah Lumpuhkan Eropa

5f6f5fd4b58e0-viva-militer-jenderal-werner-von-fritsch_665_374.jpg

Von Fritsch bahkan punya harapan besar, Panglima Angkatan Bersenjata Kekaisaran Jerman, Jenderal Hans von Seeckt, melakukan kudeta. Wette juga menggambarkan sosok Von Fritsch adalah seorang penganut anti-Semit yang sangat keras. 

Sehingga saat Nazi mulai berkuasa pada 1933, Von Fritsch pun jadi sorotan Hitler. Dengan paham ini lah, Von Fritsch mendukung penuh rezim Nazi di bawah komando Hitler, hingga pada 1934 ia mendapat promosi penjadi Panglima Angkatan Darat Nazi.

Menduduki jabatan penting, Von Fritsch memiliki banyak musuh dalam tubuh Nazi. Von Fritsch bahkan berseteru dengan Komandan Schutzstaffel (SS), Reichfuhrer Heinrich Himmler, dan Presiden Reichstag (Ketua Parlemen) Nazi yang juga perwira tinggi Angkatan Udara Nazi (Luftwaffe), Marsekal Hermann Goring.

Himmler dan Goring pun bersekutu untuk menjatuhkan Von Fritsch, hingga pada 4 Februari 1939 ia dipaksa meletakkan jabatannya sebagai Panglima Angkatan Darat Nazi. Himmler dan Goring melihat sosok Von Fritsch yang belum menikah, dan membuktikan bahwa sang jenderal adalah seorang homoseksial.

5f6f73565b511-viva-militer-jenderal-werner-von-fritsch-tengah_663_372.jpg

Meski dicopot dari jabatannya, Von Fritsch tetap setia mendukung rezim Nazi. Buktinya, ada saat Perang Dunia II meletus, Von Fritsch juga ikut bertempur bersama pasukannya. dalam data lainnya yang dikutip dari buku "Hittler's General" yang ditulis oleh Correlli Barnett, Von Fritsch turun ke medan pertempuran di Praga, Polandia, 22 September 1939.

Dalam pertempuran yang dikenal denga Pengepungan Warsawa, Von Fritsch dipanggil kembali ke garis depan sebagai Kepala Resimen Artileri ke-12. Meski pernah menduduki posisi sebagai Panglima Angkatan Darat Nazi dan berpangkat jenderal, Von Fritsch membuktikan dirinya sebagai seorang patriot Jerman.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini