Tanpa Sengaja, Penganut Bumi Datar Malah Buktikan Bentuk Bulat Bumi

Tanpa Sengaja, Penganut Bumi Datar Malah Buktikan Bentuk Bulat Bumi Foto: NASA

Masih ada sekelompok orang yang meyakini kalau Bumi itu datar; namun, mereka tanpa sengaja malah membuktikan Bumi itu bulat. Peristiwa itu terdokumendasi dalam film berjudul Behind The Curve (2018).

Mengutip laman Metro, Sabtu (26/9/2020), film ini menghadirkan pembawa acara kanal YouTube soal bumi datar bernama Jeran Campanella. Dia mengatakan, jika di dalam hati semua orang percaya bentuk planet bukan bulat.

"Jauh di dalam diri, saya pikir semua orang tahu (Bumi) itu datar," ungkapnya.

Baca Juga: Asus ROG Phone 3: Spesifikasi, Harga, dan Ketersediaan di Indonesia

Baca Juga: Canggih! Mahasiswa ITS Surabaya Ciptakan Aplikasi untuk Bantu Pantau Kondisi Manula

Lalu dia melakukan eksperimen soal teori Bumi datar. Campanella menggunakan tiga dinding dengan ketinggian dan jarak yang sama. Dari sana akan disinari laser dan bisa digunakan untuk mengukur ketinggian dua lainnya yang sama. Namun pengukuran pertama tidak berhasil, jadi dia punya ide lain.

Eksperimen lain adalah menyinari sinar lewat lubang pada dua styrofoam dengan tinggi yang sama. Di bagian ujung diletakkan sebuah kamera. Menurutnya, sinar akan bisa terlihat dari posisi kamera, hal ini untuk membuktikan jika bumi itu datar.

Namun ternyata, sumber cahaya harus diangkat dalam ketinggian yang berbeda agar terlihat dari kamera. Klaim Campanella menjadi tak sah, sebab ini mengindikasikan lengkungan pada Bumi dan tidak datar.

Dia pun sadar jika sinar tak terlihat oleh kamera dan meminta untuk menaikkan sumber cahaya. Setelah itu Campanella tak membahas hasil eksperimennya.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini