Kisah Orang Terkaya: Alexey Mordashov, Konglomerat Baja Rusia Berharta Rp286 T

Kisah Orang Terkaya: Alexey Mordashov, Konglomerat Baja Rusia Berharta Rp286 T Foto: REUTERS/Grogiry Dukor

Konglomerat Rusia, Alexey Mordashov adalah orang terkaya ke-54 di dunia, menurut Forbes. Kekayaannya tercatat mencapai USD19,2 miliar (Rp286 triliun).

Pemilik nama lengkap Alexey Alexandrovich Mordashov ini lahir pada 26 September 1965 di Rusia. Alexey mulai membangun kekayaannya saat bekerja di Pabrik Metalurgi Cherepovetskly yang saat ini bernama Severstal.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Susanne Klatten, Pewaris Saham Mobil BMW

Semua bermula ketika direktur lama menasihatinya untuk membeli saham pabrik. Dia pun mendengarkan nasihat direktur itu dan membeli sebagian besar saham Severstal. 

Dia terus membeli saham pabrik baja lain untuk memperluas Severstal. Pada tahun 2012, ia berhasil menghasilkan pendapatan USD14,1 miliar (Rp210 triliun). Pada 2013, Severstal memproduksi 15,7 juta ton baja sehingga menjadikannya produsen baja terbesar dengan kantor pusat di Rusia. 

Pria bergelar Sarjana Akuntansi dari Leningrad Engineering and Economics Institute ini memulai pekerjaan pertamanya setelah lulus kuliah sebagai akuntan di pabrik baja.

Ketika perusahaannya memprivatisasi dan menjadi perusahaan saham gabungan Severstal, dia membeli sahamnya bersama dengan perusahaan baja lainnya. Pada tahun 1996, karir Mordashov pun melonjak menjadi Direktur Jenderal Severstal.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini