Salut! Wanita Muslim 82 Tahun Jadi Orang Berpengaruh Versi Time

Salut! Wanita Muslim 82 Tahun Jadi Orang Berpengaruh Versi Time Foto: Getty Images/Yawar Nazir

Seorang wanita Muslim berusia 82 tahun, yang menjadi tokoh dan wajah dari protes panjang di India, masuk dalam daftar 100 "Orang Paling Berpengaruh Tahun 2020" versi majalah Time.

Bilkis adalah bagian dari kelompok wanita yang secara damai memprotes undang-undang kewarganegaraan India yang kontroversial di daerah asalnya Shaheen Bagh.

Baca Juga: Militer India Bakal Diperkuat Drone Seharga USD3 Miliar Bikinan AS

GettyImages-1202638757.jpg?resize=770%2C513

Shaheen Bagh, sebuah daerah mayoritas Muslim di India menjadi tempat berlangsungnya protes menentang Undang-Undang Amandemen Kewarganegaraan (CAA).

Beberapa petisi telah diajukan ke pengadilan oleh partai politik, kelompok Muslim dan masyarakat sipil yang berpendapat bahwa undang-undang kewarganegaraan baru itu ilegal karena memberikan kewarganegaraan atas dasar agama, yang bertentangan dengan nilai-nilai sekuler India yang tercantum dalam konstitusi.

Banyak wanita Muslim, termasuk di Shaheen Bagh turut melakukan protes damai, banyak wanita lain dari agama yang berbeda juga ikut serta duduk bersama mereka sebagai bentuk solidaritas.

Mereka saling membacakan pembukaan konstitusi India, berpidato menegaskan kembali kewarganegaraan mereka dan menyanyikan lagu-lagu patriotik.

Banyak yang memuji keuletan para pengunjuk rasa, menyebut mereka inspiratif dan berterima kasih atas ketekunan mereka, dan Bilkis menjadi wajah dari protes-protes tersebut.

Profil Time tentang Bilkis, yang dikenal sebagai 'Dadi (bahasa Hindi untuk nenek), ditulis oleh jurnalis dan penulis India Rana Ayyub yang menggambarkannya sebagai "suara kaum terpinggirkan".

"Bilkis memberikan harapan dan kekuatan kepada para aktivis dan pemimpin mahasiswa yang dijebloskan ke balik jeruji besi karena membela kebenaran yang tidak populer dalam demokrasi yang meluncur ke otoritarianisme dan mengilhami protes damai serupa di seluruh negeri," tulis Ayyub sebagaimana dilansir BBC.

Segera setelah pengumuman tersebut, tagar #ShaheenBagh dan #Bilkis menjadi tren di Twitter, merayakan pencapaian tersebut.

Perdana Menteri India Narendra Modi dan aktor Bollywood Ayushmann Khurana termasuk dalam daftar Majalah Time tersebut.

Daftar tahunan menampilkan para pionir, pemimpin, dan ikon dari seluruh dunia yang telah memberikan pengaruh besar.

Lihat Sumber Artikel di Okezone Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Okezone. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Okezone.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini