Danone Indonesia Gelorakan Kepedulian Sosial di Tengah Pandemi

Danone Indonesia Gelorakan Kepedulian Sosial di Tengah Pandemi Foto: Danone

Ratusan karyawan Danone Indonesia melakukan rangkaian kegiatan edukasi gizi dan hidrasi serta perawatan lingkungan dalam program Danone Volunteering Movement atau Gerakan Kesukarelaan Danone selama Agustus dan September 2020.

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin, mengatakan bahwa selama pandemi, perusahaan tetap berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mendukung kesehatan masyarakat melalui donasi alat pelindung diri, ventilator, hingga pemenuhan nutrisi dan hidrasi sehat.

Baca Juga: Danone Indonesia Permudah Akses Nutrisi di Masa Pandemi

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya membawa dampak yang berkelanjutan bagi lingkungan dan kesehatan melalui kegiatan bisnis perusahaan. "Atas komitmen luar biasa dari karyawan, kami kembali menghadirkan kegiatan tahunan kesukarelaan dengan semangat membawa dampak positif bersama melalui Danone Volunteering Movement 2020," kata Arif.

Ia menjelaskan, kegiatan yang telah memasuki tahun kelima ini mendorong karyawan Danone di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Sulawesi untuk menginisiasi kegiatan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat di daerah masing-masing.

Kegiatan dapat dilaksanakan secara online, donasi, maupun program yang dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ia mengatakan bahwa kegiatan dari karyawan pun bervariasi mulai dari edukasi kebersihan dan kesehatan, pembuatan taman edukasi, pembuatan cairan pembersih alami, hingga budi daya sumber makanan.

"Aksi ini pun dilakukan dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan lainnya seperti pemerintah lokal, organisasi kemasyarakatan, lembaga swadaya masyarakat, hingga para ahli," tambahnya.

Lebih lanjut Arif mengungkapan beberapa bentuk kegiatan sukarela dari karyawan Danone di antaranya program "Rumah Belajar Generasi Maju", yakni merehabilitasi fasilitas publik di enam daerah menjadi rumah belajar yang dilengkapi fasilitas internet hingga mengadakan program webinar untuk tujuan edukasi dan mengajarkan masyarakat mengenai kesehatan ibu anak hingga mencuci tangan dengan sabun.

Berikutnya ada juga program pelatihan eco enzyme, yaitu pembuatan hand sanitizer dan disinfektan alami dari buah dan sayuran yang diadakan di Berastagi. "Karyawan juga mengedukasi penggunaan sampah produksi berupa jerigen dan tong plastik pada warga Dusun Grojogan, Jawa Tengah untuk mengembangbiakan ikan lele dan sayur mayur," ucapnya.

Termasuk pula kegiatan secara online, seperti edukasi virtual terkait gizi seimbang, olahraga virtual, kampanye makan sehat di media sosial, webinar tentang pengolahan sampah. serta donasi berupa kuota internet, perlengkapan sekolah, pangan, dan baju layak pakai.

Secara keseluruhan, kegiatan Danone Volunteering Movement berhasil memberikan manfaat bagi 3.000 orang di 13 lokasi di seluruh Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, aksi serupa juga dilakukan serentak oleh karyawan Danone di seluruh dunia.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini