Ciptakan Pengusaha Baru Bidang Properti, BTN Gembleng Alumni UI

Ciptakan Pengusaha Baru Bidang Properti, BTN Gembleng Alumni UI Foto: (Foto: M. Sukardi/Okezone)

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) menandatangani Nota Kesepahaman. Kedua pihak akan memberikan pelatihan bagi alumni UI yang sudah berkecimpung sebagai pengembang sektor properti, maupun baru akan terjun ke dalam bidang bisnis tersebut.

Penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan langsung oleh Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury dan Ketua Umum Iluni UI Andre Rahardian. Penandatanganan MoU diselenggarakan secara virtual lewat aplikasi Zoom.

"Dengan program ini, tentunya kita dapat melahirkan para developer untuk memiliki skill yang baik untuk menjadi pengembang yang sukses dan tentunya memiliki etika kerja dan integritas yang baik. Kami juga berharap kegiatan ini bisa terus ditingkatkan, betul-betul program yang berkelanjutan," ujar Pahala dalam sambutannya di pembukaan Ruang Temu Property Developer di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: Genjot Dana Murah, BTN Bakal Akuisisi 25.000 Merchant EDC Lokal & Nasional

Ruang Temu Property Developer ialah pelatihan level dasar untuk alumni yang berniat terjun sebagai pelaku usaha pengembang properti. Materi yang diberikan antara lain pendalaman aspek hukum developer properti dan tata cara pengurusan perizinan. Peserta juga dibekali pengetahuan mengenai aspek permodalan developer, developer skill set, dan marketing strategy serta pencarian serta pengurusan lahan.

Yang menarik, pelatihan yang akan dilakukan dengan tatap muka secara online ini bersifat terbuka bagi alumni UI tanpa dipungut biaya. Namun, kuota peserta terbatas. Pada kelas awal peserta yang sudah terdaftar mencapai 76 orang. Program yang berlangsung selama empat hari dari 23 - 26 September 2020 ini difasilitasi oleh Housing Finance Center (HFC) dari BTN.

Mereka yang telah mengikuti pelatihan ini, dapat melanjutkan ke kelas intermediate dan advance, yang rencananya akan diadakan selanjutnya.

"SDM di sektor properti harus terus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Karena itu HFC BTN menggandeng perguruan tinggi di seluruh Indonesia, alumni untuk memperluas dan memperdalam technical skill menjadi developer dari teori praktik dan pelaksanaan di lapangan hingga bagaimana memasarkan properti itu sendiri," kata Pahala.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini