Stimulus Listrik Rp1,2 Triliun Per Bulan, PLN Akan Lanjutkan Program Diskon?

Stimulus Listrik Rp1,2 Triliun Per Bulan, PLN Akan Lanjutkan Program Diskon? Foto: Antara/Reno Esnir

Direktur Capital dan Management PLN Syofvi Felienty Roekman menyampaikan, PT PLN (Persero) memperkirakan telah menyalurkan stimulus listrik Covid-19 kepada pelanggan sebesar Rp1,2 triliun per bulan selama pandemi yang melanda Indonesia.

"Kami memperkirakan kalau stimulus untuk pelanggan 450 VA sampai dengan 900 VA kurang lebih ada di angka Rp1,2 triliun per bulan," ujar Syofvi dalam diskusi daring, Kamis (24/9/2020).

Syofvi menjelaskan, stimulus untuk pelaku UMKM karena jumlah pelanggannya tidak begitu banyak, penyalurannya di bawah Rp1 miliar.

Baca Juga: PLN Siapkan Rp30 Miliar agar 6.355 UMKM Tetap Hidup di Masa Pandemi

Baca Juga: 367 Ribu Pelanggan Sudah Antre Diskon PLN, Sebelum Ditutup Buruan Daftar!

"Stimulus ini memang diberikan bulanan, dan selanjutnya PLN akan tagihkan melalui skema subsidi kepada pemerintah," ujar Syofvi.

Terkait apakah stimulus listrik akan dilanjutkan atau tidak setelah Desember tahun ini, ia mengatakan akan menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah.

"Kami untuk stimulus ini adalah pelaksana, jadi apakah nanti akan diperpanjang atau berakhir pada Desember tahun ini kami akan menunggu instruksi selanjutnya dari pemerintah melalui Kementerian ESDM," ujar Syofvi.

Sedangkan, mengenai penjualan kelistrikan, PLN optimistis dan terus berusaha keras untuk tumbuh positif sekitar 0,5% pada akhir tahun ini.

"Kami berupaya untuk tetap positif, kami memiliki sejumlah skenario jadi diperkirakan kurang lebih negatif 0,5 persen sampai dengan positif 0,5 persen. Jadi kami berupaya tetap berusaha untuk terjadi pertumbuhan positif 0,5 persen, ini ekspektasi kami dengan segala upaya hingga akhir tahun ini," kata Syofvi.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini