Wah, Ada Tanda Kehidupan di Planet Venus!! Bisa Ditinggali?

Wah, Ada Tanda Kehidupan di Planet Venus!! Bisa Ditinggali? Foto: Unsplash/Greg Rakozy

Planet Venus mendadak jadi buah bibir karena kabarnya, ada tanda-tanda kehidupan di sana, menurut temuan para ilmuwan.

Melansir The Verge, Rabu (23/9/2020), para ilmuwan berhasil menemukan kehadiran gas fosfin di permukaan Venus belum lama ini. Nah, para peneliti itu yakin, gas itu dapat berperan penting dalam mendukung kehidupan makhluk hidup.

Karena itulah, ada usulan untuk meninjau kondisi di Venus secara lebih rinci. "(Saya mengusulkan) untuk fokus meneliti mikroba dan cara bertahan hidup di planet Venus," kata Ahli Kimia Biologis di Politeknik Negeri California, Rakesh Mogul.

Baca Juga: Huawei Marah ke Amerika, Minta Setop Batasi Ekspor Teknologi

Baca Juga: Facebook Kena Boikot Lagi, Ini Loh Alasannya!

Asal tahu saja, penemuan gas fosfin di Venus kebetulan juga berdekatan dengan proses penentuan misi planet baru NASA yang merupakan bagian dari Program Penemuan (Discovery Program); inisiatif menerbangkan robot kecil ke sejumlah lokasi di Tata Surya.

Bahkan, pejabat Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebut, sejumlah permohonan misi luar angkasa ke Venus akan segera mendapat izin.

Pada Februari 2020, NASA telah menentukan empat konsep, dua di antaranya telah memilih Venus sebagai tujuan penelitian.

Menanggapi itu, Ahli Geologi Planet di National Air and Space Museum, Jim Zimbelman berujar, "saya bertaruh kalau mereka akan memastikan kemampuan mencari fosfin yang baru saja ditemukan."

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini