Kisah Orang Terkaya: William Lei Ding, Bos Raksasa Game Dunia

Kisah Orang Terkaya: William Lei Ding, Bos Raksasa Game Dunia Foto: REUTERS

Pendiri dan CEO NetEase, William Lei Ding atau Ding Lei adalah orang terkaya ke-51 dunia versi Forbes. Total kekayaannya mencapai USD29,7 miliar (Rp440 triliun). Perusahaannya NetEase adalah sebuah portal game.

Ding Lei lahir di Fenghua, Ningbo, Provinsi Zhejiang pada 1 Oktober 1971. Ia telah banyak memberikan kontribusi penting di China untuk pengembangan jaringan komputer. Ding Lei menyelesaikan wisuda dan memperoleh gelar sarjana dari University of Electronic Science and Technology of China.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Gerard Wertheimer, Sosok di Balik Kesuksesan Jam Tangan Chanel

Setelah lulus, dia pertama kali bekerja di departemen negara bagian setempat di Ningbo sebagai insinyur. Setelah itu, dia pindah ke Guangzhou di provinsi selatan Guangdong dan bertugas di perusahaan perangkat lunak analitik yang berbasis di AS, Sybase.

Pada bulan Juni 1997, Ding mendirikan NetEase di Guangzhou dengan hanya tiga karyawan. Perusahaan perangkat lunak ini membuat tanda dengan menghosting 163 domain email yang populer di kalangan netizen China, dan dinamai berdasarkan nomor terakhir yang perlu dihubungi untuk menghubungkan modem mereka ke internet selama era ISDN di tahun 1990-an.

Namun, ada skandal keuangan sebelum perusahaan perangkat lunak benar-benar menemukan pijakannya.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini