AU India Terbang ke Perbatasan Pakai Jet Rafale Prancis, Gertak China?

AU India Terbang ke Perbatasan Pakai Jet Rafale Prancis, Gertak China? Foto: Dassault Aviation

Lima pesawat tempur Rafale buatan Prancis itu beraksi dalam misi "penerbangan pengenalan" di atas wilayah perbatasan yang diperebutkan dengan China, demikian kata seorang pejabat senior angkatan udara India yang menolak disebut namanya kepada kantor berita Prancis, AFP.

"Jet tempur Rafale sedang diperkenalkan dengan wilayah operasional kami termasuk Ladakh," kata pejabat senior angkatan udara itu.

Baca Juga: Cemas Perang Pecah, Yunani Disokong Jet Dassault Rafale Prancis

Lima pesawat tempur itu adalah kiriman pertama dari pesanan 36 pesawat Rafale senilai USD 9,4 miliar dan secara resmi diperkenalkan oleh Menteri Pertahanan India Rajnath Singh pada 10 September lalu. Ketika itu dia menyebut kedatangan Rafale sebagai "pesan kuat" bagi musuh-musuh India.

Pertengahan Juni lalu, tentara Cina dan India terlibat dalam baku hantam brutal di wilayah Ladakh yang menewaskan 20 tentara India. Cina juga mengakui ada korban di pihaknya, tetapi tidak mengungkapkan jumlah korban ataupun kasus kematian.

Dalam insiden lain awal September, untuk pertama kalinya dalam 45 tahun tembakan dilepaskan dalam sengketa perbatasan India-Cina. Namun pejabat dari kedua belah pihak mengatakan, pasukan hanya melepaskan tembakan peringatan karena ada "provokasi lawan".

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini