Beuh... Jenderal Luhut Mulai Beraksi, Tarik Kekuatan TNI Perangi Covid-19!

Beuh... Jenderal Luhut Mulai Beraksi, Tarik Kekuatan TNI Perangi Covid-19! Foto: Rahmat Saepulloh

Ternyata setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai orang yang menangani serangan Virus Corona atau Covid-19, Jenderal (purn) Luhut Binsar Pandjaitan membuat gebrakan yang luar biasa.

Salah satunya ialah menghimpun kekuatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk bekerja sama menyusun strategi khusus penunjukan rumah sakit di seluruh Indonesia sebagai rumah sakit rujukan resmi bagi pasien Covid-19.

Gebrakan Jenderal Luhut ini terungkap dalam siaran resmi Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana, Bali yang dilansir, Rabu (23/9/2020).

Jenderal Luhut telah menggelar rapat koordinasi bersama Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara untuk membahas strategi besar memerangi penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Covid-19 Mengganas, Luhut Perintahkan Terawan Segera Blusukkan ke RS-RS di Wilayah Anies Cs

Baca Juga: Faisal Basri Teriak Rakyat Butuh Panglima Perang Full Time Bukan Sambilan, Nyentil Opung Luhut?

Dalam rapat itu, mantan Komandan Group 3 Sandhi Yudha Kopassus TNI tersebut menerangkan bahwa, protokol terapi standar penanganan pasien positif Covid-19 telah tuntas disusun Kementerian Kesehatan RI dan telah mendapat masukan dari berbagai organisasi profesi dan tim rumah sakit pemerintah yang berdiri di bawah BUMN.

Kepada Kemenkes, Jenderal Luhut meminta Kemenkes untuk segera mensosilisasikan protokol terapi ke seluruh rumah sakit rujukan resmi yang berada di sembilan provinsi plus Aceh.

Sosialisasi ini harus dilanjutkan dengan pendampingan implementasi termasuk training dokter dan tenaga kesehatan untuk kemudian dimonitoring pelaksanaannya, serta tim task force yang dibentukĀ  Kemenkes harus segera turun. Kemenkes harus memastikan ketersediaan obat dan alat terapi yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 ini, termasuk distribusinya kepada rumah sakit yang dibutuhkan.

Sementara Kodam melalui Kesehatan Daerah Militer (Kesdam) bertugas membantu monitoring implementasi protokol terapi penanganan pasien Covid-19 ini.

Perlu diketahui, Jenderal Luhut tak hanya seorang diri menangani serangan Covid-19, dia diduetkan dengan Komandan Jenderal Kopasssus ke-27, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. Mereka berdua khusus mendapatkan tugas menanangis wilayah mulai dariĀ  DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali.

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini