Ngeri! Miliarder China Pengkritik Xi Jinping Berakhir 18 Tahun Penjara

Ngeri! Miliarder China Pengkritik Xi Jinping Berakhir 18 Tahun Penjara Foto: (Foto/Reuters)

Seorang miliarder China, Ren Zhiqiang yang terkenal lantaran mengkritik penanganan pandemi virus corona oleh Presiden Xi Jinping baru saja dipenjara selama 18 tahun atas tuduhan korupsi.

Ren merupakan seorang pensiunan taipan real estat yang memiliki hubungan dekat dengan pejabat senior China. Ia sempat menghilang pada Maret setelah dia diduga menulis esai pedas bulan itu yang mengkritik tanggapan Xi terhadap pandemiĀ  virus corona. Dia kemudian didakwa dengan pelanggaran terkait korupsi.

Baca Juga: Xi Jinping Gak Biarkan Rakyat China Lepas dari Partai Komunis

Dikutip dari CNN Business di Jakarta, Rabu (23/9/2020) pengadilan di Beijing memutuskan Ren bersalah atas berbagai tuduhan, termasuk menggelapkan sekitar USD16,3 juta (Rp241 miliar) dana publik, menerima suap, dan penyalahgunaan kekuasaan yang menyebabkan kerugian sebesar USD17,2 juta (Rp255 triliun) untuk negara dan perusahaan properti yang pernah dia pimpin.

Hakim menjatuhkan hukuman 18 tahun penjara dan menjatuhkan denda sebesar USD620.000 (Rp9,2 miliar). Pengadilan mengatakan dia secara sukarela mengakui semua kejahatannya dan bersedia menerima putusan pengadilan setelah semua keuntungan ilegalnya ditemukan.

Menurut pengamat hukum, sistem pengadilan China memiliki tingkat hukuman sekitar 99% dan tuduhan korupsi sering digunakan untuk mengejar orang dalam Partai Komunis yang melanggar kepemimpinan.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini