Peternak Sapi di Pelosok Minim Pengetahuan, Pertamina Turun Tangan

Peternak Sapi di Pelosok Minim Pengetahuan, Pertamina Turun Tangan Foto: Sufri Yuliardi

PT Pertamina (Persero) memberikan pelatihan bersertifikat kepada sekitar tiga puluh peternak sapi dari tiga kecamatan di Lampung.

Para peserta pelatihan di Balai Desa Astomulyo, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, tampak antusias mendengarkan penjelasan tentang seluk beluk cara beternak sapi dengan baik dan benar.

Peternak sapi potong asal desa Astomulyo, Tusiah menanyakan perihal penanganan keluhan penyakit sapi seperti perut kembung, penyakit kulit dan cacingan.

Baca Juga: Teriak-teriak Buka Borok Pertamina, Cuma Intrik Politik Ahok!

Baca Juga: Strategi Pertamina Percepat Alih Kelola Blok Rokan dari Chevron

"Apa karena faktor makanannya yang kurang higienis atau karena berkaitan dengan fermentasi pakan," ujar Tusiah, Senin, (21/9/2020).

Pelatihan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19 yakni menjaga jarak. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dengan waktu pelatihan terbatas dan lebih banyak menerapkan praktik.

Materi diberikan langsung oleh Dinas Peternakan Lampung Tengah, Supardi yang memberikan pembekalan mulai dari pemilihan jenis sapi, penyiapan kandang, pembuatan kandang, pemilihan bibit sapi yang unggul dan pemberian pakan.

"Semua proses tersebut harus memilih bibit sapi, perlu penanganan khusus dibandingkan usaha penggemukan, serta dalam beberapa proses diperlukan sebuah standar yang baku dan valid terutama dalam memperoleh bibit unggul," ujar Supardi, Senin, (21/9/2020).

PT Pertamina melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel, menggandeng Rumah Kreatif BUMN, Dinas Peternakan dan Asosiasi Kelompok Wanita Tani Mulia memberikan pelatihan bagi peternak sapi mitra binaan Pertamina, yang berasal dari tiga Kecamatan yakni Rumbia, Punggur dan Seputih Raman, di wilayah Lampung.

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini