Cegah Serangan Teroris Iran, Bahrain: Mereka Gagal Total

Cegah Serangan Teroris Iran, Bahrain: Mereka Gagal Total Foto: Unsplash/Sepehr Aleagha

Kementerian Dalam Negeri Bahrain mengklaim telah menggagalkan serangan teroris pada awal tahun ini yang didukung oleh Garda Revolusi Iran. Pernyataan itu mengonfirmasi laporan media sebelumnya tentang dugaan serangan yang direncanakan oleh Iran.

Pada Minggu (20/9/2020) televisi pemerintah Saudi, Al-Ekhbariya, dan surat kabar Bahraini Akhbar al-Khaleej melaporkan penyelidikan Kementerian Dalam Negeri Bahrain menemukan bahwa kelompok "Brigade Qassem Soleimani" telah merencanakan serangan di beberapa struktur publik dan keamanan di Bahrain. Namun dalam laporan itu tidak dijelaskan kapan serangan akan berlangsung.

Baca Juga: Ketika Saluran TV Israel, UEA, Bahrain Kini Berbagi Siaran

"Kami ingin memperjelas bahwa kasus ini terjadi di awal 2020 dan saat ini sedang ditangani oleh pengadilan," ujar pernyataan Kementerian Dalam Negeri Bahrain.

Laporan oleh Akhar al-Khaleej mengatakan serangan yang gagal itu direncanakan untuk membalas pembunuhan komandan tertinggi Iran, Qassem Soleimani, dalam serangan pesawat tak berawak AS pada Januari di Irak.

Pasukan keamanan Bahrain menggagalkan rencana tersebut setelah menemukan alat peledak di daerah Badei yang ditujukan untuk menargetkan delegasi asing yang sedang berkunjung. Surat kabar itu menyebut ada 18 terdakwa yang diadili dan sembilan di antaranya berada di Iran.

Otoritas Iran tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar terkait rencana serangan itu. Sebelumnya, Teheran membantah telah terlibat dalam urusan internal Bahrain.

Di sisi lain, Bahrain selaku rumah bagi Armada Kelima Angkatan Laut AS dan operasi angkatan laut internasional lainnya kerap menuding Iran berusaha untuk menumbangkan kerajaan.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini