Selama 27 Tahun, Pertamina Kucurkan Rp3,5 Triliun untuk Puluhan Ribu Mitra Binaan

Selama 27 Tahun, Pertamina Kucurkan Rp3,5 Triliun untuk Puluhan Ribu Mitra Binaan Foto: Antara/Saiful Bahri

VP Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman menyampaikan, PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan Rp3,5 triliun untuk 63.000 UMKM yang tergabung dalam program kemitraan sejak 1993. Hal ini sebagai bagian dari tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan.

"Jadi, dalam penyaluran program kemitraan ini, Pertamina juga telah bersinergi dengan berbagai instansi untuk mengoptimalkan penyaluran, juga agar tepat sasaran. Baik itu di level kementerian, yang level BUMN maupun level swasta lainnya," ujar Fajriyah dalam webinar BUMN Energi di Tengah Pandemi, Sabtu (19/9/2020).

Fajriyah menyebutkan beberapa instansi kementerian yang menjadi partner strategis, di antaranya ada Kemenko Maritim dan Investasi yang membawahi sekitar 1.000 mitra binaan dengan nilai penyaluran Rp100 miliar. Kemudian ada Kemenko Perekonomian dengan lebih dari 58 mitra binaan dengan nilai penyaluran Rp6,27 miliar.

Baca Juga: Pendapatan Mitra UMKM Terus Anjlok, Pertamina Terus Putar Otak

Baca Juga: Berkoar-koar Buka Borok Pertamina, Ahok Sama Saja Telanjangi Diri Sendiri!

"Ini ada 1.000 mitra binaan kami di bawah koordinasi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, dan juga Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini juga terdapat lebih dari 58 mitra binaan. Karena memang ini adalah khusus untuk pembiayaan usaha kecil di sektor pangan, ini sudah lebih dari Rp6 miliar nilai penyaluran yang sudah kami sampaikan," kata Fajriyah.

Selain itu, juga ada penyaluran program kemitraan melalui Perum Perikanan Indonesia untuk penambak udang. Jumlahnya ada 1.000 mitra binaan penambak udang dengan dana yang sudah terealisasi sebesar Rp92 miliar.

"Kemudian juga dengan PTPN, ini juga bekerja sama dengan petani tebu, ada 48.521 mitra binaan. Dan dengan PT Bahana Artha Ventura ini juga kami akan melakukan kerja sama dalam jangka waktu ke depannya dengan nilai penyaluran lebih dari Rp150 miliar," ucap Fajriyah.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini