Pendapatan Mitra UMKM Terus Anjlok, Pertamina Terus Putar Otak

Pendapatan Mitra UMKM Terus Anjlok, Pertamina Terus Putar Otak Foto: Antara/Rahmad

Pandemi Covid-19 ini telah memberikan pukulan hebat bagi dunia usaha, termasuk UMKM.

VP Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman menyampaikan, sebanyak 50% mitra binaan Pertamina turut menjadi bagian yang terdampak berupa penurunan pendapatan. Sehingga menjadi kewajiban Pertamina untuk mendukung kelangsungan hidup UMKM yang menjadi binaannya.

"Jadi, Pertamina menyerap produk dari UMKM binaan ini untuk disalurkan kepada masyarakat ataupun kepada pihak-pihak yang terdampak Covid-19, dengan total nilai lebih dari Rp3 miliar dalam tiga bulan terakhir ini dari 176 UMKM, dengan lebih dari 10.000 produk yang kita pergunakan," ujar Fajriyah dalam webinar BUMN Energi di Tengah Pandemi, Sabtu (19/9/2020).

Baca Juga: Berkoar-koar Buka Borok Pertamina, Ahok Sama Saja Telanjangi Diri Sendiri!

Baca Juga: 6 Fakta Ahok Bongkar Borok Pertamina, Nomor 3 Bikin Emosi Jiwa

Adapun penjualan produk UMKM dukungan Pertamina senilai Rp11,58 miliar. Termasuk dukungan di 25 rumah BUMN dan membawahi lebih dari 6.518 mitra binaan. Upaya lain yang dilakukan oleh Pertamina adalah memberikan edukasi dan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan perkembangan situasi saat ini, termasuk digitalisasi.

"Kami melakukan edukasi untuk UMKM dapat beradaptasi di tengah pandemi ini. Selain latihan secara digital, kami berusaha membuat mitra binaan kami melek teknologi. Jadi, menyelenggarakan online training ini beberapa kali dan diikuti oleh ribuan UMKM Mitra binaan. Kemudian juga ada WhatsApp Group khusus mitra binaan, jadi di sini tempat untuk berbagi informasi," kata Fajriyah.

Selain itu, juga ada business matching. Masing-masing UMKM saling melengkapi dalam proses produksinya. Misalnya, ada UMKM yang menyediakan hampers, maka sebaiknya isian hampers juga dibeli dari sesama UMKM binaan Pertamina.

"Kemudian optimalisasi rumah BUMN. Ini kita bentuk juga bersama sebagai wadah Pertamina untuk membentuk UMKM yang lebih modern. Kemudian digitalisasi dan e-commerce ini adalah salah satu bentuk kami untuk mereka bisa familiar dengan transaksi digital dan juga pengembangan pasar e-commerce. Ini kita bekerja sama dengan Tokopedia, memberikan pelatihan-pelatihan," ucap Fajriyah.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini