Cara Sederhana Menua dengan Sehat

Cara Sederhana Menua dengan Sehat Foto: Steve Johnson

Menua dengan sehat tentu menjadi dambaan bagi banyak orang. Salah satu kunci untuk bisa menua dengan sehat ternyata cukup sederhana, yaitu minum air putih yang cukup.

Ahli Gizi, Niti Patel, RD, MS, mengatakan sel-sel di dalam tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja dengan efisien. Dengan mengonsumsi air yang cukup, tubuh bisa melumasi persendian dengan baik hingga memompa darah ke otot-otot. Hampir semua fungsi tubuh membutuhkan air untuk bisa bekerja.

Baca Juga: Cara Gunakan Tabir Surya Sebelum Anda Olahraga

Kebiasaan minum air putih yang cukup juga menjadi salah satu kunci penting untuk proses penuaan yang sehat. Di sisi lain, kebutuhan asupan air putih bisa menurun seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai hal seperti tingkat aktivitas hingga penyakit kronis yang diderita.

Tak hanya kebutuhan asupan air putih, kemampuan untuk merasa haus juga cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Oleh karena itu, dehidrasi kerap menjadi masalah yang umum namun jarang diperhatikan pada lansia.

Hal-hal seperti ini bisa dihindari bila seseorang membentuk kebiasaan minum air putih yang baik sejak muda. Salah satu caranya dengan membiasakan minum air putih secara rutin meski rasa haus belum muncul.

Selain itu, biasakan pula untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan air. Dengan kebiasaan-kebiasaan ini, seseorang tidak akan kesulitan untuk memenuhi asupan cairannya di masa tua nanti.

Patel juga menganjurkan untuk meminum air putih hangat yang dicampur dengan sari lemon sesaat setelah bangun tidur. Bila tak ada sari lemon, hanya meminum air putih hangat juga sudah cukup. Ia mengatakan saat tidur tubuh tidak meminum apa pun dan mengalami dehidrasi. Minum air putih atau air putih dan sari lemon hangat sesaat setelah bangun tidur akan membuat tubuh juga terasa lebih segar.

"Seperti sebuah bunga yang layu, Anda akan merasa diri Anda merekah kembali," ujar Patel, seperti dilansir WellGood.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini