Industri Film Indonesia Masih Kekurangan Penulis Skenario

Industri Film Indonesia Masih Kekurangan Penulis Skenario Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Sutradara Anggy Umbara menganggap industri film Indonesia masih kekurangan penulis skenario. Sineas merasa tidak punya banyak pilihan penulis yang memiliki kemampuan dan persyaratan menggarap skenario film.

"Penulis ada banyak banget, tapi untuk masuk ke layar lebar entah kenapa ada kualifikasi tertentu. Secara general, bisa saja kurang dalam kualitas, kuantitas, chemistry, atau kesempatan," kata Anggy.

Baca Juga: Alamak, Film Mulan Justru Kurang Laku di Bioskop China

Menurut dia, industri film Indonesia membutuhkan talenta penulis yang memiliki potensi dan kekuatan baru.

Adapun, sebagai sutradara, Anggy mengaku belum menemukan penulis naskah yang bisa jadi belahan jiwanya dalam berkarya. Selama ini, pria 39 tahun itu lebih banyak menulis sendiri skenario untuk deretan film yang dia arahkan.

Pada beberapa karya, penulis yang dia pilih sangat bervariasi. Dalam pandangan Anggy, belum banyak penulis yang bisa mencukupi kebutuhan layar lebar, karya komersial, dan menyampaikan visi sutradara dan produser.

Meski demikian, dia selalu melibatkan penulis skenario dalam seluruh tahap produksi. Sutradara Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! itu merasa regenerasi harus segera dilakukan, salah satunya lewat kompetisi pembuatan naskah.

Anggy berharap kompetisi dapat menjaring penulis dengan cerita-cerita organik dan orisinal. Penulis yang punya gagasan, pendapat, dan refleksi dari tema yang dibawakan. Secara personal, Anggy mendambakan cerita dengan korelasi sejarah.

"Dari seluruh Indonesia, pasti banyak yang bisa digali, apa yang dilupakan tapi masih relevan dengan keadaan sekarang. Tidak harus sejarah periodik, bisa hal-hal yang baru terjadi beberapa tahun belakangan tapi masih relate," ujarnya.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini