Covid-19 Ada di Ikan Impor dari Indonesia, China: Kami Tangguhkan

Covid-19 Ada di Ikan Impor dari Indonesia, China: Kami Tangguhkan Foto: Antara/XFB Anggoro

Bea Cukai China baru-baru ini mengumumkan akan menangguhkan impor dari Indonesia setelah virus corona ditemukan pada satu sampel kemasan luar ikan beku.

Penangguhan ini ditunjukkan langsung pada produsen akuatik Indonesia PT. Puri Indah dan akan berjalan selama satu minggu.

Baca Juga: Diduga Kuat Mata-mata China, India Tangkap Jurnalis Ini!

Menanggapi laporan tersebut pihak Indonesia pun turut menangguhkan ekspor dari perusahaan terkait ke negeri tirai bambu.

Dikutip dari CNA, Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia memberikan pernyataan pada Sabtu (19/9/2020) kemarin.

Pihak Kementerian menyatakan, saat ini penyelidikan sedang dilakukan dan penangguhan hanya berlaku untuk PT Puri Indah saja.

Sedangkan produsen ikan beku lainnya masih diizinkan untuk terus beroperasi mengekspor seperti biasanya.

Mereka menekankan virus corona (Covid-19) ditemukan di sisi terluar paket dan bukan pada ikannya.

Penangguhan pada PT Puri Indah pun telah dilakukan sejak Jumat (18/9/2020) lalu.

Sebelumnya Bea Cukai China pada 11 September 2020 lalu, akan menghentikan impor dari perusahaan selama seminggu jika produk beku dinyatakan positif Covid-19.

Dikabarkan Global Time, beberapa kali China menemukan virus corona di makanan beku yang mereka impor.

China juga kini lebih menyoroti produk rantai dingin dan makanan laut yang masuk setelah beberapa kasus hasil positif COVID-19.

Sehingga menimbulkan kekhawatiran luas atas keamanan pangan dan risiko penyebaran virus melalui makanan rantai dingin impor.

Sebelumnya China juga mengungkapkan sampel kemasan udang putih beku dari Ekuador ditemukan positif COVID-19 di beberapa provinsi.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Pikiran Rakyat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Pikiran Rakyat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Pikiran Rakyat.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini