PDIP Bilang Pilkada Serentak Harus Tetap Diselenggarakan Tahun Ini, Kalau Tidak...

PDIP Bilang Pilkada Serentak Harus Tetap Diselenggarakan Tahun Ini, Kalau Tidak... Foto: Antara/Dhemas Reviyanto

Meningkatnya kasus virus Corona (Covid-19) memunculkan kekhawatiran bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 bakal menimbulkan klaster baru. Karena itu, banyak desakan Pilkada 2020 ditunda. Salah satunya disuarakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang meminta pilkada ditunda.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menilai, Pilkada Serentak 2020 harus diselenggarakan pada tahun ini. Menurutnya, di tengah pandemi ini, setiap pemimpin harus mendapat mandat dari rakyatnya agar menjalankan roda pemerintahan dengan legalitas yang sah.

Baca Juga: Mantan Wagub DKI: PDIP Mesti Serius Berjuang 'Tuk Menang di Pilkada Blitar!

"Penundaan pilkada di tengah pandemi akan menciptakan ketidakpastian baru. Mengingat kepala daerah akan berakhir pada Februari," kata Hasto dalam acara Rapat Kerja Cabang Khusus (Rakercabsus) DPC PDI Perjuangan Surabaya melalui virtual, Minggu (20/9/2020).

Sampai saat ini kata Hasto, belum ada kepastian kapan berakhirnya pandemi Covid-19 beserta dampak yang mengikutinya. Karena itu, apabila pilkada ditunda, maka kepala daerah harus diisi oleh pelaksana tugas atau Plt. Sementara di dalam masa kritis, menurut Hasto, tidak boleh ada jabatan-jabatan politik yang diisi pelaksana tugas (Plt) kepala daerah.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini