Cara Gunakan Tabir Surya Sebelum Anda Olahraga

Cara Gunakan Tabir Surya Sebelum Anda Olahraga Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Olahraga di luar ruangan sangat baik untuk kesehatan dan meningkatkan imunitas. Namun, karena Covid-19 masih mengancam maka penting untuk tetap menjaga jarak, memakai masker atau face shield jika berada di kerumunan dan rutin mengaplikasikan penyanitasi tangan.

Kegiatan olahraga outdoor juga harus berhadapan dengan paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. Meski sinar UV memberi manfaat bagi kulit, namun jika waktu dan durasi paparan tidak tepat maka itu bisa berkontribusi pada penuaan hingga kanker kulit.

Baca Juga: Cara Agar Bisa Olahraga Rutin Secara Konsisten

Karena itulah, penting mengaplikasikan tabir surya sebelum berolahraga outdoor. Dokter Spesialis Kulit, dr Inneke Jane, mengatakan bahwa tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang mengandung UVA dan UVB yang berbahaya bagi kulit.

Lalu bagaimana cara memilih dan menggunakan tabir surya secara tepat agar kulit terlindungi secara maksimal? Berikut uraiannya.

1. Pilih Tabir Surya Broadspectrum

Inneke menjelaskan tabir surya broadspectrum artinya memiliki kandungan sun protection factor (SPF) dan protection grade of UV A (PA). Kedua kandungan itu penting apalagi PA yang memberikan perlindungan kulit terhadap radiasi UV A.

"Jadi semakin banyak tanda plus pada PA menunjukkan semakin tinggi perlindungannya," kata Inneke.

2. Pilih Tabir Surya Minimal SPF 30

Untuk melindungi kulit secara maksimal ketika berolahraga di outdoor, kandungan SPF-nya minimal 30. Itupun untuk olahraga yang dilakukan di bawah jam 9 pagi. Jika lebih, ia menganjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF 50 karena indeks ultra violetnya juga semakin tinggi.

3. Gunakan Tabir Surya Water Resistance

Berolahraga di luar ruangan tentu memicu keringat dalam jumlah yang banyak. Karena itulah, penggunaan tabir surya yang water resistance penting agar manfaat tabir surya tidak mudah hilang.

"Kalau semisal lari, saya pilih yang paling likuid karena semakin nyaman di kulit. Tabir surya yang konsistensinya kental itu malah bikin keringat buntet karena si keringat ketutup sama tabir surya," kata Inneke.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini