Hobinya Ngutang Terus, Astaga 2 Tahun Lagi Pertamina Bakal Kena Batunya, Bangkrut?

Hobinya Ngutang Terus, Astaga 2 Tahun Lagi Pertamina Bakal Kena Batunya, Bangkrut? Foto: Pertamina

Pengamat ekonomi energi dari Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) Yusri Usman menyatakan, salah satu penyebab Pertamina merugi adalah obligasi global (global bond). Ia menilai utang obligasi itu yang membuat krisis keuangan di Pertamina.

"Seperti yang dikatakan oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Pertamina hobi itu cuma utang-utang saja. Ini salah satu penyebab Pertamina merugi," katanya dalam diskusi secara virtual, Sabtu (19/9/2020).

Ia memprediksi di 2021 sampai 2023 Pertamina akan menghadapi krisis keuangan. Sebab, Pertamina harus membayar global bond yang sudah jatuh tempo.

Baca Juga: 6 Fakta Ahok Bongkar Borok Pertamina, Nomor 3 Bikin Emosi Jiwa

Baca Juga: Erick Thohir Ditantang Copot Si Ahok, Berani Gak Tuh?

"Sebenarnya, masa-masa kritis di tahun ini dan tahun depan karena akan membayar utang yang cukup besar," jelasnya.

Selain itu, Yusri menyoroti pembelian blok migas yang dilakukan oleh Pertamina. Menurutnya, ada kecenderungan mark up dalam akuisisi pembelian blok migas.

"Blok migas itu ada tanda kutip yang dituduhkan Ahok. Apalagi produksi blok migas itu juga tidak baik hasilnya. Kebijakan aneh-aneh harusnya diperiksa KPK," tandasnya.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini