Erdogan Mau Saja Bertemu PM Yunani: Tapi Apa yang Mau Didiskusikan?

Erdogan Mau Saja Bertemu PM Yunani: Tapi Apa yang Mau Didiskusikan? Foto: Reuters/Umit Bektas

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengumumkan bahwa Turki tidak masalah bertemu Perdana Menteri (PM) Yunani Kyriakos Mitsotakis.

“Kami tidak punya masalah dalam bertemu Perdana Menteri Yunani, tapi pertanyaan paling penting adalah apa yang kita diskusikan dan dalam kontek apa kita akan bertemu?” papar Erdogan.

Baca Juga: Serangan Erdogan: Kami Saksikan, Yunani Itu Kekanak-kanakan

Presiden Turki menekankan bahwa penarikan kapal eksplorasi Oruc Reis ke pelabuhan Antalya itu langkah yang berat. Dia mengonfirmasi bahwa kapal akan berlayar lagi di perairan Mediterania Timur setelah akhir kerja perawatan.

Terkait hubungan Turki dengan Kairo, Erdogan menyatakan, “Menggelar perundingan intelijen dengan Mesir itu masalah berbeda. Ini mungkin, tapi kami menyesalkan kesepakatan yang mereka buat dengan Yunani.” 

Baca Juga: Jawab Merkel, Erdogan Akui Kapalnya Gak Berhenti Lakukan Operasi

Pada Agustus, Mesir mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan bilateral dengan Yunani untuk pembatasan yurisdiksi maritim antara dua negara. 

Hubungan antara Yunani dan Turki memanas dalam beberapa bulan terakhir. Kedua negara saling mengklaim wilayah perairan di Mediterania Timur yang kaya sumber daya alam.

Lihat Sumber Artikel di SINDOnews Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan SINDOnews. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab SINDOnews.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini